Tanya Dokter

  • tidak memasukkan sperma ke dalam vagina untuk mencegah kehamilan

  •  Sasmito
    Anggota

    Hai dok ,, saya dan suami belum berencana utk punya keturunan jd antisipasi saya dengan tidak memasukkan sperma ke dalam. Apakah itu kedepan berpengaruh utk kehamilan saya ya Dok ? mungkinkah ada kesulitan utk terjadinya pembuahan ya dok ? terimakasih.

    Sasmito  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Kehamilan dapat terjadi jika bertemunya sel sperma dengan sel telur yang matang di dalam rahim. Hal tersebut dapat terjadi dengan masuknya sperma ke dalam vagina pada saat melakukan hubungan seks.

    jika anda tidak memasukan sperma ke dalam vagina pada saat berhubungan seks atau biasa disebut koitus interuptus, maka hal tersebut kemungkinan tidak menyebabkan kehamilan, dan hal tersebut juga tidak membuat kesulitan untuk hamil di kemudian hari. Namun melakukan pengeluaran sperma di luar tetap mempunyai resiko untuk terjadinya kehamilan, karena cairan preejakulasi juga dapat mengandung sedikit sel sperma.

    sehingga jika anda memang ingin menunda kehamilan, maka disarankan menggunakan metode lainnya seperti menggunakan kondom, atau menggunakan KB seperti kb pil atau suntik. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum memilih metode kb.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Manfaat pil KB

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny