Tanya Dokter

  • Tidak menstruasi setelah melepas KB

  •  Nadia Mayani
    Anggota

    Salam dokter,umur saya 30 thn,saya tidak menstruasi 3 bulan setelah melepas kb,saya kb 4,5 thn,saya tidak hamil.Gimana caranya saya bisa haid lagi??apa tidak membahayakan?

    Halo,   Apa jenis KB yang Anda gunakan? Pada penggunaan KB suntik memang akan menimbulkan efek samping tidak datangnya menstruasi selama penggunaan KB dan setelah KB dihentikan. Biasanya siklus menstruasi baru akan kembali normal setelah 1 tahun berhenti KB suntik. Jadi jika Anda menggunakan suntik KB , hal yang Anda alami adalah normal dan tidak berbahaya. Untuk mendapatkan siklus menstruasi Anda kembali maka Anda bisa mencoba menggunakan pil KB (selama Anda tidak hamil). Penggunaan pil KB bisa membantu tubuh beradaptasi lebih cepat dengan hormonal Anda dan membuat siklus menstruasi Anda bisa kembali lenih cepat. Namun jika Anda menggunakan pil KB atau KB IUD dan sekarang tidak mendapatkan haid maka hal ini adalah abnormal. Tidak datangnya haid bisa disebabkan karena :

    1. Kehamilan
    2. Gangguan hormonal
    3. Penggunaan KB
    4. Sindrom polikistik ovarii
    5. Stress
    6. Penurunan berat badan
    7. Latihan ekstrem
    8. sindrom asherman
    9. dll.
    Untuk mengetahui dengan pasti penyebabnya Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter dan tes medis seperti USG. Dengan begitu dokter akan mengetahui penyebab Anda dan mengobatinya. Untuk membantu memperlancar haid Anda, Anda bisa berolahraga teratur, makan gizi seimbang, istirahat cukup dan kelola stress. Baca topik mengenai Amenore. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi