Tanya Dokter

  • Efek samping tidak tuntas minum obat anti jamur saat keputihan encer

  •  avery
    Anggota
    dok, bbrp thn lalu sy mengalami keputihan akut yg membuat sy hrs k dokter. sudah d beri obat anti jamur dan ketoconazole tp wktu itu sy tdk tuntas minum obatnya. efek apa yg kira2 bakal terjadi dok? saat ini sy sedang mengkonsumsi antibiotik dan rsnya sedang mengalami keputihan encer sprti dlu tp belum tllu parah. mohon balasannya ya dok

    Halo, terimakasih telah bertanya di alodokter.

    Keluhan-keluhan yang Anda sampaikan dapat merupakan keputihan yang normal atau keputihan yang tidak normal yang disebabkan infeksi virus, bakteri, ataupun jamur. Pengobatan yang tidak tuntas berisiko untuk terjadi kekambuhan infeksi kembali. Kondisi-kondisi yang dapat terjadi pada Anda :

    ·         Keputihan normal (keputihan yang tidak berbau gatal, tidak nyeri, tidak gatal yang dapat dikarenakan memasuki masa subur atau karena adanya rangsangan seksual)

    ·         Infeksi Bakterial vaginosis (keputihan yang ditandai warna putih abu encer serta berbau amis)

    ·         Infeksi Candida vulvovaginalis (keputihan yang seperti keju yang disebabkan jamur candida)

    ·         Infeksi trichomoniasis (infeksi oleh parasite Trichomonas vaginalis berupa keputihan yang berbusa kuning kehijauan, serta keluhan nyeri dan gatal)

    Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi kembali dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan mikroorganisme yang menyebabkan keputihan. Hal-hal yang sementara ini dapat Anda lakukan yakni menjaga kebersihan organ intim, tidak menggunakan sabun pembersih/pewangi, menjaga kebersihan pakaian dalam, menggunakan kondom saat berhubungan seksual, serta tidak berganti-ganti pasangan seksual.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih.