Tanya Dokter

  • Sudah 4 tahun tidur tanpa mimpi

  •  Karina19
    Anggota

    Halo dok, sudah 4 tahun lebih saya tertidur tanpa mimpi. Walaupun sesekali saya sempat bermimpi, tetapi lebih dominan tidur tanpa mimpi dok. Saya sempat googling dan dikatakan bahwa tidur tanpa mimpi merupakan tanda tanda depresi tetapi ada yang menyebutkan bahwa tidur tanpa mimpi lebih baik karena merupakan tidur yang nyenyak. Bagaimana yaa dok apakah tidur tanpa mimpi itu baik? Serta apa yang menyebabkan seseorang dapat tidur tanpa bermimpi? Karna terkadang saya ingin bermimpi ketika teman saya selalu menceritakan mimpi mereka. Terima kasih dok.

    Halo,

    Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia untuk dapat beristirahat. Perlu diketahui, tidur dibagi dalam beberapa fase, yaitu fase tidur ringan, fase tidur agak lelap, fase Non REM dan fase REM (Rapid Eye Movement). Mimpi umumnya terjadi pada fase REM /fase tidur lelap, yang mana pada kondisi ini otak akan mengeluarkan gelombang delta dan seseorang mengalami mimpi. Terjadinya mimpi menandakan otak seseorang tetap aktif walaupun dirinya tertidur dalam dan sulit dibangunkan. Gelombang delta pada fase ini membuat pikiran begitu kreatif sehingga menimbulkan gambaran dan ide berbentuk mimpi.

    Sampai saat ini, belum ada yang bisa memanipulasi mimpi untuk menentukan kapan mau bermimpi atau kapan tidak mau bermimpi. Tidak pernah bermimpi saat tidur bukan juga kondisi medis berbahaya ataupun tanda penyakit. Perlu diperhatikan adalah kualitas tidur yang dialami seseorang. Kualitas tidur yang tidak baik akibat adanya gangguan pola tidur seperti insomnia bila terjadi berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang berkepanjangan.

    Bila Anda masih merasa khawatir akan kondisi ini, tidak ada salahnya melakukan konsultasi ke psikolog ataupun dokter psikiater untuk mendapat pemeriksaan dan penjelasan lebih mendalam.

    Semoga membantu,

    dr. Theresia