Tanya Dokter

  • Posisi tidur untuk ibu hamil

  •  raifa
    Anggota
    selamat malam dok saya raifa usia 26 tahun sedang dalam kondisi hamil 6 minggu semenjak hamil, saya jadi suka sekali tiduran tengkurap misalnya saat membaca pesan ataupun buku (saat tidur malam tidak pernah, selalu miring) posisi tiduran seperti itu membuat saya nyaman, tapi apakah diperbolehkan dan tidak membahayakan perkembangan janin?

    Halo raifa, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Posisi tidur yang direkomendasikan saat hamil adalah tidur miring. Tidur miring terutama mulai direkomendasikan saat mulai memasuki trimester kedua. Tidur dalam posisi tengkurap aman-aman saja untuk dilakukan di awal-awal kehamilan karena rahim dan bayi belum terlalu besar. Saat rahim sudah mulai membesar, anda akan merasa tidak nyaman berada dalam posisi tengkurap karena anda akan merasakan ganjalan di perut anda, sementara efek terhadap janin sendiri saat tidur tengkurap tidak terlalu besar (aman-aman saja untuk janin).

    Saat anda sudah mulai memasuki trimester kedua, anda tidak direkomendasikan untuk tidur dalam posisi terlentang karena posisi tidur ini dapat menghambat aliran darah balik ke jantung anda dan aliran darah ke janin anda.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia