Tanya Dokter

  • Anyang-anyangan sampai susah tidur

  •  anonymous
    Anggota

    Hai Dok. Saya masih berumur 14 tahun. Slama bln puasa thn ini, saya sering mengalami BAK. Pdhal dibln puasa thn sblmnya, saya sangat jarang BAK, krna sdang puasa. Smpat pulih sebentar dari bak/anyang-anyangan ini. To sekitar 1 minggu ini, anyang-anyangan saya malah terjadi 5 menit sekali. Saya merasa sangat susah untk tidur. Bahkan disklh pun anyang-anyangan. Menbuat saya sangat susah belajar. Karena menahan bak. Kalo drmh, saya srng kali bolak balik ke wc. Hingga celana saya lembab. Kelamin saya juga trsa gatal. Apa saya mengalami ISK di? Apa yg hrs saya lakukan dok, untk sgra mnghentikan anyang-anyangan ini?

    Halo,   Rasa anyang anyangan bisa disebabkan karena :

    1. Infeksi saluran kemih
    2. Radang kandung kemih
    3. Infeksi ginjal
    4. Kelemahan otot kandung kemih
    5. Pengaruh kegemukan / obesitas
    6. dll.
    Untuk mengetahui secara pasti maka pemeriksaan fisik ke dokter akan diperlukan. Dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan tes urin dan darah untuk mengetahui penyebab kondisi Anda. Dengan mengetahui secara pasti maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Kondisi anyang anyangan kadang membutuhkan pengobatan dengan antibiotik secara tepat dengan waktu yang lama apalagi jika kondisi ini sering berulang kepada Anda. Anda bisa melakukan beberapa tips seperti :
    1. Hindari minuman seperti minuman yang berasa asam, minuman beralkohol, dan minuman berkafein (kopi, teh)
    2. Banyak minum air putih.
    3. Bersihkan organ intim dengan seksama dan tepat yaitu melap kering organ intim dari arah depan ke belakang sehabis BAB/ BAK.
    4. Hindari menahan pipis terlalu lama.
    5. Hindari menggunakan pembersih kewanitaan, pantyliner, deodoran vagina dll.
    6. Jaga berat ideal.
    7. Latihan / senam Kegel.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi