Tanya Dokter

  • Tonjolan seperti otot di perut

  •  linazahra
    Anggota

    Assalamualaikum dokter, selamat sore. Saya punya keluhan yakni di perut atas bagian tengah saya terdapat tonjolan keras seperti otot. Jika saya berdiri saya dapat merasakannya namun ketika duduk tonjolan tersebut hilang. Kadang jika dibuat untuk olahraga seperti sit up sakit. Apa benar itu otot, Dok? Ataukah ada penyakit lain? Terima kasih sebelumnya.

    linazahra  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Benjolan pada perut dapat disebabkan karena berbagai penyebab. Dari keadaan yang anda alami, terdapat benjolan pada perut bagian tengah mungkin dapat disebabkan karena suatu hernia.

    Hernia merupakan suatu keadaan dimana keluarnya saluran cerna atau masuknya bagian saluran cerna ke dalam suatu rongga tertentu. Hernia dapat terjadi pada setiap usia baik pada anak atau dewasa. Hernia lebih sering terjadi pada orang yang sering mengangkat beban berat, olahraga berat, atau sering mengedan berlebihan. Hernia dapat terjadi di berbagai tempat seperti pada daerah sekitar perut atas.  Hernia dapat menyebabkan gejala seperti munculnya benjolan pada perut, benjolan dapat hilang timbul tergantung dari posisi dan aktifitas, dapat disertai dengan rasa nyeri. Dan pada keadaan lanjut dapat terjadi gangguan BAB, muntah, dan rasa nyeri yang hebat. 

    Hernia memerlukan suatu tindakan pembedahan untuk mengatasinya. 

    Tetapi selain itu,keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • hipertrofi otot/ pembesaran otot
    • abses
    • tumor tertentu

    oleh karena itu, disarankan agar anda memeriksakan diri langsung ke dokter Spesialis bedah, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan seperti usg jika memang dirasa perlu.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Hernia

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny