Tanya Dokter

  • Penyebab anemia berulang pada orang tua

  • Selamat pagi dok, sya mau bertanya. bulan November 2017 lalu ibu saya diopname karena anemia dan harus dilakukan transfusi darah. pada bulan februari yang lalu ibu sya kembali diopname dengan diagnosa yang sama. pada opname tersebut juga dilakukan endoskopi dan terlihat dari hasil endoskopi lambung ibu saya tidak ada yang bermasalah. bulan ini ibu saya sudah ada tanda2 mau anemia lagi. muka pucat, cepat lelah dll. yang mau saya tanyakan kenapa ibu saya kok selalu anemia dalam waktu yang begitu cepat ya dok? sedangkan pola makan dan hidup tetap terjaga. mungkin ada solusi dari dokter untuk ibu saya, biar tidak harus opname dan transfusi darah lagi.

    terimakasih dok

    Salam,

    Pasien dengan keluhan anemia berulang akan memberikan keluhan penyerta berupa mudah letih, pucat, sakit kepala, pusing, sampai mual dan jantung berdebar. Untuk mencegah keluhan anemia berulang, penyebab anemia harus diketahui, sehingga penanganan yang dilakukan selain memberikan transfusi darah juga dilakukan penanganan sesuai penyebabnya.

    Beberapa kemungkinan penyebab anemia dapat berupa:

    1. intake makanan sehat yang tidak seimbang

    2.kekurangan zat besi

    3. perdarahan pada pencernaan

    4. perdarahan dari organ kewanitaan (pada wanita)

    5. tumor

    6. kelainan susmsum tulang belakang

    7.kelainan liver

    8. kelainan pada ginjal

    9.kelainan pada sel darah merah, seperti sel darah merah yang pecah, kanker darah

    10. penyakit infeksi kronis, seperti TBC

    Dengan melakukan pemeriksaan langsung ke dokter penyakit dalam diharapkan dapat diketahui penyebab anemia yang dialami oleh ibu Anda. Dengan demikian, dokter akan melakukan pemeriksaan darah, pemeriksaan USG, rontgen, ataupun endoskopi untuk mengevaluasi dan mengetahui kemungkinan penyebabnya.

    Transfusi darah dapat diberikan sesuai indikasinya, bilapun setiap bulan harus dilakukan transfusi darah,hal ini dapat dilakukan sesuai indikasinya.

    Sedangkan penanganan lainnya akan di fokuskan pada penyebab anemia yang dialami.

    Untuk perawatan di rumah, ibu Anda diharapkan tetap mencukupi kebutuhan gizi seimbang dan kebutuhan jenis makanan lain yag disarakan oleh dokter yang merawat.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga anemia.

    dr.Ulfi