Tanya Dokter

  • Tubuh lemas dan lesu setelah terkena penyakit cacar air

  •  dwisafitra
    Anggota

    Halo dok,saya fitra umur 18 th.Dulu saya pernah terkena cacar pada umur 8 th,tapi pada skrg saya terkena lagi utk yg ke2 kalinya.ruam sudah muncul dan mulai pecah,dan juga sudah mulai menghitam.saya sudah minum obat yg diberikan yaitu acyclovir tablet hingga habis,dan penyebaran ruam pun sudah mulai berkurang.namun saat penyakit cacar ini sudah mulai berkurang,saya selalu merasa lemas,lesu,dan pusing dok.apa karena penyakit cacar blm sembuh total atau saya terkena penyakit yg lain dok? Terima kasih.

    Terimakasih telah bertanya pada Alodokter. Saya dr. Putri Claudya akan membantu menjawab pertanyaan Anda. 

    Cacar air atau dalam dunia medis disebut dengan varicella merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena infeksi virus varicella zooster. Gejalanya meliputi demam, lemas, nyeri kepala, gejala saluran napas atas pada awalnya (batuk, pilek, nyeri tenggorokan), dan dilanjutkan dengan munculnya plenting berisi air di seluruh tubuh. 

    Bila penyakit Anda merupakan cacar air, bisa jadi gejala yang Anda rasakan masih berkaitan dengan penyakit ini, mungkin karena infeksinya belum sembuh sempurna, atau memang hal itu disebabkan oleh tubuh yang belum sepenuhnya pulih kembali pasca infeksi virus. Bila memang karena ini, biasanya keluhan akan membaik seiring berjalannya waktu perbaikan kondisi. 

    Akan tetapi yang perlu diketahui, penyakit cacar air hanya dapat terjadi satu kali seumur hidup karena tubuh telah memiliki kekebalan setelah infeksi pertama. Namun demikian, virus ini dapat bersarang di tubuh dan mengaktifkan diri kembali bila daya tahan tubuh seseorang rendah dalam bentuk penyakit berbeda yang disebut herpes zooster. Sama halnya dengan varicella, herpes zooster juga ditandai dengan munculnya plenting berisi air, namun hanya di bagian tubuh tertentu bukan seluruh tubuh. Sehingga mungkin bila penyebabnya sama, kondisi Anda sekarang adalah herpes zooster. Atau bisa juga kondisi saat ini cacar air (varicella) namun yang dahulu adalah penyakit lain. 

    Plenting pada tubuh yang disertai lemas juga dapat disebabkan oleh infeksi lain seperti:

    • Infeksi bakteri kulit (impetigo bullosa)
    • Peradangan kulit akibat cairan tomcat (dermatitis paederus)
    • Penyakit autoimun (pemphigus vulgaris)

    Untuk memastikannya sebaiknya Anda periksakan ke dokter umum dulu sehingga dapat diketahui apakah keluhan Anda berkaitan dengan cacar air atau penyakit lain. Dokter akan memeriksa Anda dan bila perlu akan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah. Dan selanjutnya akan diberi tatalaksana sesuai sebab yang mendasari. 

    Hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan:

    • Jangan tekan atau coba pecahkan plenting-plenting
    • Cuci tangan setiap akan menyentuh plenting yang utuh maupun yang sudah pecah
    • Cukupi cairan 2 liter per hari
    • Cukupi asupan nutrisi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh
    • Istirahat cukup yaitu tidur sekitar 7-8 jam/hari

    Sekian penjelasan dari saya, semoga membantu dan bermanfaat :)

     

    Salam,

    dr. Putri Claudya