Tanya Dokter

  • Pengobatan untuk penyakit tumor otak

  •  Sinta Sukesi
    Anggota

    Assalamualaikum dok, saya ingin bertanya, tante saya baru2 ini didiagnosa menderita tumor otak dg ukuran kurang lebih 7cm. Gejala yang dialami adalah stroke, mual2 disertai pusing. Apakah penyakit ini termasuk dalam kanker berdasarkan ukurannya? Dan apakah opera pengangkatan adalah yang terbaik agar segera sembuh mengingat ukuran tumor yang cukup besar

    Halo Sinta Sukesi,

    tumor otak adalah istilah untuk pertumbuhan jaringan yang tidak normal di otak. Tumor ini dapat berasal dari jaringan otak yang disebut tumor otak primer, atau tumor yang tumbuh di bagian tubuh lain lalu menyebar hingga ke otak (metastasis) yang disebut tumor sekunder otak. Jaringan abnormal ini biasanya disebut tumor apabila bersifat jinak dan disebut kanker jika bersifat ganas.

    Tumor ganas atau kanker otak dikatakan demikian berdasarkan beberapa penilaian, seperti kecepatan pertumbuhan sel, lokasi persebaran dan cara penyebarannya. Dengan begitu ukuran tumor yang dialami oleh tante anda bukan menjadi patokan utama dalam penentuan jenis kanker atau bukan.

    Terkait penyembuhan, operasi adalah salah satu penanganan yang dapat dipilih. Berbagai alternatif penyembuhan seperti radioterapi, kemoterapi, obat-obatan hingga operasi/pengangkatan jaringan disesuaikan lagi dengan jenis tumor yang dialami. Pada kasus kanker otak, umumnya dokter akan menyarankan untuk dilakukan operasi pengangkatan jaringan, adapun sisa jaringan yang tidak dapat diangkat disembuhkan melalui alternatif lain seperti radioterapi atau kemoterapi.

    sekian semoga menjawab

    dr. Laras