Tanya Dokter

  • Punggung sering terasa nyeri pada penderita tumor payudara

  • Hai dok, aku mau nanya nih seputar keluhan aku semenjak aku punya tumor payudara di payudara kanan aku, jdi gini dok, semnak aku tau klo aku punya benjolan mamae itu aku ngerasain klo badan aku suka demam, dan tulang punggung aku juga suka nyeri dok, sampai aku udah op pengangkatan tumor aku juga masih aja ngerasain nyeri itu, dan itu di rasakan sama kerabat aku yg terkenan tumor mamae itu juga, nah itu kenapa ya?? Ada efek samping yg parah atau gimna ya? Soalnya aku masih bertanya tanya tentang sakit punggung aku ini, soalnya teman yg menderita penyakit sama seperti aku juga mengalami hal yg sama, mohon penjelasan dan solusinya ya dok, terimakasih.

    Halo, selamat siang Hikmah. 

    Tumor jenis apakah (diagnosis) yang anda alami (berdasarkan keterangan dokter yang menangani anda sebelumnya)? Apakah tumor tersebut memang berasal dari jaringan payudara? Dan apakah umor tersebut merupakan tumor jinak ataukah tumor ganas? Ada baiknya anda mengkonsultasikan kembali keluhan yang anda alami ini kepada dokter spesialis bedah yang menangani anda sebelumnya, karena beliaulah yang lebih mengetahui kondisi dan diagnosis yang anda alami serta riwayat perjalanan penyakit anda. 

    Keluhan nyeri punggung dapat saja berkaitan dengan tumor payudara yang anda alami, namun perlu anda ketahui bahwa gejala nyeri punggung dan demam juga merupakan gejala yang sangat umum sehingga dapat pula tidak berhubungan sama sekali dengan tumor yang anda alami. Pada tumor payudara yang bersifat ganas, dapat terjadi metastasis (penyebaran) sel-sel keganasan. Sel-sel ganas tersebut dapat menyebar ke dalam tulang dan melemahkan tulang tersebut. Nyeri punggung dapat menjadi penanda bahwa tulang belakang mengalami patah (fraktur) atau tumor menekan tulang belakang. 

    Selain berhubungan dengan tumor, nyeri punggung lebih umum terjadi karena: cedera otot di punggung (misalnya akibat gerakan-gerakan yang tiba-tiba atau gerakan yang berlebihan tanpa pemanasan terlebih dahulu), kebiasaan posisi duduk yang tidak benar, radang sendi, maupun masalah pada tulang punggung itu sendiri, seperti skoliosis (kelaianan bentuk tulang punggung yang melengkung/tidak lurus). Sedangkan demam yang berulang dapat terjadi akibat: infeksi akut yang berulang (misalnya flu berulang, infeksi tenggorokan berulang, dsb), penyakit infeksi kronis (misalnya TBC), penyakit auto-imun (penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, misalnya adalah penyakit lupus), dan lain sebagainya. 

    Seperti yang telah kami sarankan di atas, sebaiknya anda mengkonsultasikan keluhan yang anda alami ini kepada dokter yang dahulu menangani anda untuk mencari tahu apakah keluhan nyeri punggung dan demam berulang yang anda alami saat ini berhubungan dengan tumor yang dahulu anda alami. Apabila dari hasil pemeriksaan langsung dicurigai adanya hubungan dengan tumor yang sebelumnya, maka dokter mungkin akan menganjurkan pemeriksaan lanjutan seperti rontgen atau CT-scan, serta tindak lanjutnya. Jika dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya keterkaitan antara keluhan anda dengan tumor yang terdahulu, maka dokter mungkin akan merujuk anda kepada doker di bidang lain, sesuai dengan kemungkinan penyakit berdasarkan hasil tanya jawab dan pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter tersebut. 

     

     

    Semoga dapat dipahami ya.

    Salam, dr. Denisa