Tanya Dokter

  • ukuran rahim sekitar 6cm, normal atau tidak?

  •  eka lusiana
    Anggota
    maaf dok saya mau tanya kira2 bila ukuran rahim 6cm normal atau tidak dan berpotensi bisa hamil atau tidak.. trima kasih
    eka lusiana  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Eka,

    Ukuran rahim saat tidak hamil pada wanita dewasa normalnya sekitar panjang 7,5cm, lebar 5cm, dan ketebalan 2,5cm, dengan berat sebesar 30-40 gram. Ukuran rahim tentunya bervariasi pada setiap wanita ya. Ukuran rahim kurang dari normal dinamakan hipoplasia uterus, hal ini biasanya merupakan kelainan bawaan atau didapat sejak lahir dan disebabkan karena gangguan perkembangan seksual disfungsional.

    Seringkali wanita yang rahimnya kecil juga mengalami menstruasi tidak teratur. Dalam hal ini dokter akan memastikan kondisi rahim dengan USG dan tes darah untuk mengetahui tingkat hormonnya. Selajutnya dokter bisa memberikan terapi hormonal untuk membantu memperlancar siklus menstruasi dan diharapkan dengan kadar hormon yang lebih baik, ukuran rahim bisa mendekati normal.

    Dalam hal kehamilan, apabila sudah dilakukan terapi hormon sehingga hormonal membaik dan ukuran rahim berhasil meningkat, tentunya kehamilan bisa terjadi. Kehamilan akan dipengaruhi oleh kualitas sel telur, kualitas sel sperma, kondisi organ reproduksi, dan juga hormonal dari calon ibu.

    Oleh sebab itu apabila Anda sedang menjalankan program hamil, sebaiknya Anda dan suami berdiskusi kembali dengan dokter kandungan supaya bisa dilakukan evaluasi ulang dan diberikan terapi yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Cukup banyak wanita dengan rahim sedikit di bawah normal yang kemudian bisa menjalani kehamilan sehat setelah melakukan terapi dan program hamil dengan dokter kandungan. Ukuran rahim kecil nantinya juga akan membesar seiring dengan perkembangan janin ketika hamil.

    Namun perlu diketahui bahwa setelah terapi hormon dihentikan, kondisi hormonal bisa kembali seperti semula dan ukuran rahim pun bisa kembali seperti semula. Sehingga jika nantinya ingin program hamil lagi, sebaiknya Anda dan suami kembali kontrol ke dokter kandungan untuk memastikan segala sesuatunya ya.

    Berikut ini diskusi yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Rahim kecil

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y