Tanya Dokter

  • anak usia 1 tahun belum di imunisasi campak

  • Dok mau tanya anak saya usia nya hampir 1th tapi blum imunisasi campak... Saya mau ngajak imunisasi tpi selalu anaknya demam ... Kayak gamau di suntik.... Saya mau tanya apa saya harus tunda? Atau tetap imunisasi???

    Erlicha Putri Noviana  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Erlicha,

    Imunisasi campak bermanfaat untuk mencegah penyakit campak dan jikapun terkena campak, maka gejalanya akan jauh lebih ringan dibanding yang tidak diimunisasi. Menurut jadwal, imunisasi campak diberikan di usia 9 bulan. Apabila imunisasi campak terlambat diberikan, maka bisa dilakukan catch up imunisasi.

    Apabila anak Anda berusia 9-12 bulan, imunisasi campak bisa diberikan kapan saja saat kunjungan ke dokter atau puskesmas. Sedangkan jika anak berusia lebih dari 1 tahun, maka anak akan diberikan imunisasi MMR (imunisasi untuk mencegah campak, rubella, dan gondongan).

    Sebaiknya Anda tetap membawa anak Anda untuk diimunisasi setelah tidak demam. Apabila anak demam lebih dari 3 hari, sebaiknya diperiksakan ke dokter dulu supaya bisa mendapatkan penanganan dan rencana jadwal imunisasi selanjutnya. Anda tidak perlu khawatir ya. Imunisasi yang terlambat diberikan tetap lebih baik dibandingkan tidak mendapatkan imunisasi.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Vaksin campak

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y