Tanya Dokter

  • Bagaimana menghitung usia janin dan apa saja efek kehamilan?

  • assalamu'alaikum dok, saya erlin umur 20th saya sekarang sedang hamil muda tapi saya bingung menghitung usia kehamilan saya, saya terakhir menstruasi tgl 25 april 2015,bulan juni saya periksa ke bidan katanya usia kandungan saya sudah 7minggu, apa benar saya sudah hamil di usia kandungan saya mau masuk bulan ke 4 dok? sama gini dok, setelah saya hamil perbedaan yg saya alami pesat sekali, saya masih kerja tapi kadang malas mau kerja untuk mual hampir tiap hari tapi tidak di pagi hari,saya merasa mual jam 10-11siang dan saya sering kali pusing,perut rasanya kram,sama mau ngapa2in rasanya males sekali. mohon penjelasannya dok, trimaksh.

    Erlin Purnama Sari  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Erlin, Perhitungan usia kehamilan salah satunya memang didasarkan pada HPHT (Hari pertama haid terakhir), jadi dihitung dari hari pertama haid terakhir anda dan bukan dari hari berhentinya menstruasi. Jika ada keraguan mengenai usia kehamilan atau anda lupa/tidak yakin mengenai HPHT anda sebaiknya anda melakukan pemeriksaan USG kehamilan untuk membantu menentukan usia kehamilan Keakuratan USG dalam mendeteksi usia kehamilan paling tinggi pada trimester awal (kesalahan <1 minggu), dan semakin menurun seiring peningkatan usia kehamilan, sehingga sebaiknya dilakukan sedini / secepat mungkin. Gejala yang anda alami sangat wajar dialami oleh wanita yang sedang hamil muda. Mual muntah dialami akibat peningkatan hormon HCG yang meningkat kadarnya pada masa-masa awal kehamilan, biasanya akan berkurang / menghilang dengan sendirinya begitu memasuki pertengahan trimester 2, meski ada juga yang bertahan lebih lama. Rasa tidak nyaman di perut bagian bawah juga sering dialami sebagai konsekuensi pembesaran rahim yang mulai menekan dan mendesak organ-organ disekitarnya. Rasa lemas yang anda rasakan dapat disebabkan oleh banyak hal, tetapi yang penting adalah memastikan anda tidak mengalami anemia yang banyak dialami ibu hamil, pastikan anda mendapatkan suplemen yang mengandung zat besi. hal-hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi mual :

    • HIndari makan makanan yang pedas, terlalu spicy, berbau menyengat
    • Makan dalam porsi kecil tapi sering
    • rutin berolahraga ringan
    • makanlah biskuit kering di pagi hari
    • minum jahe hangat dapat membantu mengurangi mual
    hamil 4 bulan hamil 5 bulan senam hamil untuk mempermudah persalinan vitamin dan mineral yang diperlukan saat hamil diskusi mengenai mual muntah berlebihan saat hamil demikian yang dapat saya sampaikan, semoga mambantu