Tanya Dokter

  • Tentang regenerasi sel berdasarkan usia

  •  iqbalf28
    Anggota

    Permisi saya seorang pria berusia 21 tahun dok ingin bertanya tentang usia sel. Tadi sore saya bertemu dengan seorang marketing dari sebuah prosuk suplemen makanan. Kemuadian dia menawarkan untuk melakukan perhitungan dengan timbangan tanita gratis. Dari beberapa hasil parameter yang dihasilkan yang salah satunya parameter usia sel menghasilkan usia sel saya 18 tahun padahal sekarang saya berusia 21 tahun. Dari keterangan marketing itu usia sel ideal saya yang bagus harusnya berapa pada usia 21,20, atau 19 Yang ingin saya tanyakan apakah keterangan itu benar apa tidak ya dok? Mohon penjelasannya. Terima kasih

    Halo Iqbal, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Sel merupakan bagian terkecil dari tubuh manusia. Sel membentuk jaringan dan membentuk organ dan sistemnya sehingga tubuh dapat menjalankan fungsinya. Usia sel tubuh berbeda-beda tidak mengikuti usia manusia itu sendiri berdasarkan tanggal lahir. Usia manusia dihitung berdasarkan tanggal lahir namun tidak menentukan kesehatan sel karena usia sel sendiri tergantung dari regenerasi sel itu sendiri. 

    Regerasi sel pun sangat bergantung dari jenis sel itu sendiri dan bahkan beberapa sel tubuh tidak mengalami regenerasi lagi. Misalnya sel kulit yang beregenerasi setipa 28-30 hari atau sekitar 1 bulan, sel darah merah beregenerasi sekitar 120 hari, sel saraf atau otak tidak mengaami regenerasi lagi sehingga jika terjadi kerusakan pada sel saraf maka tidak akan tergantikan oleh sel baru. Pemeriksaan yang Anda lakukan harus dipastikan terlebih dahulu sel tubuh yang mana dihitung dengan menggunakan alat tersebut. Perlu diketahui bahwa sel sendiri merupakan bagian tubuh yang terkecil yang  secara detail hanya bisa terlihat dengan menggunakan mikroskopik elektron. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi