Tanya Dokter

  • Utrogestan

  •  Malikadiana
    Anggota

    Halo dpkter... Saya diana usia 25th. Usia pernikahan 5th 6blan Saya blm pnya ank. 24 april 2018 saya berobat k klinik dan di lakukan cek urin. Padahal saya blm lewat tgl haid tapi hasilnya positif.. Lalu saya cek lg k bidan d kasih pitamin dan d usg.. Hasil usg belum kelihatan ada kantung janin. Trus saya suruh 2 minggu lagi cek usg. Setlah 2 minggu saya usg lg masih blm kliatan. Lalu bidan nyaranin minum pengat kandungn utrogestan 1x1. Malam nya sebelum tidur saya minum. Lalu besok siangnya peranakn saya terasa sangat sakit sekali lalu ngeplek. Saya tanya k bidan kenapa saya bisa ngeplek?? Lalu bidn bilang itu epek dari obat... Lalu besoknya saya kluar darah banyak seprti darah haid... Pertanyaan saya apakah saya harus minim trus obat itu atau stop minum dok.. Katanya obat itu bagus buat program hamil??? Mohon jawabannya dok trimakasih....😄😄😄😄

    Halo Malikadiana,

    Uterogestan adalah obat yang mengandug hormon progesteron. Sebenarnya tubuh secara alami juga menghasilkan hormon tersebut, namun pada beberapa kondisi dokter akan meresepkan obat yang mengandung hormon sintesis ini. salah satu manfaat dari obat tersebut adalah sebagai penguat rahim. dalam hal ini hormon progesteron akan mengurangi kontraksi rahim dan menebalkan dinding rahim. disamping manfaatnya, obat ini juga memiliki beberapa efek samping diantaranya :

    1. sakit kepala
    2. mual dan muntah
    3. jerawat
    4. perubahan hasrat seksual (dapat meningkat atau menurun)
    5. perubahan mood
    6. nyeri payudara

    keluhan munculnya flek di awal kehamilan adalah hal yang wajar. Hal ini dikarenakan terjadi peluruhan beberapa pembuluh darah saat terjadi penempelan hasil pembuahan di dinding rahim. Namun apabila darah yang keluar cukup banyak bahkan terdapat gumpalan-gumpalan darah atau jaringan maka anda perlu waspada dan sangat disarankan untuk segera memeriksan diri ke dokter tanpa menunda waktu. Anda dapat menemui dokter di IGD agar segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Keluarnya darah yang banyak di awal kehamilan dapat menjadi salah satu gejala keguguran. Obat yang anda konsumsi sebaiknya dihentikan dulu dan konsultasikan pada dokter kandungan yang menagnani anda.

    sekian semoga bermanfaat,

    dr. laras