Tanya Dokter

  • Cara mencegah penularan virus HIV pada janin

  •  Dedek
    Anggota

    dok orang yang kena hiv apa bisa punya anak yang gx kena virus dan pasanngannya gx kena

    Selamat sore, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Secara singkat, seseorang yang terkena HIV, belum tentu menularkan HIV pada pasangannya dan anaknya. Penjelasannya sebagai berikut.

    Dalam penyakit HIV/AIDS, dikenal istilah yang disebut pasangan diskordan. Pasangan diskordan adalah sebutan bagi pasangan yang salah satunya menderita HIV positif, dan yang lainnya tidak/negatif. Satu yang positif ini bisa suami atau istri, tidak ada bedanya.

    Bagi pasangan seperti ini, yang mesti dilakukan salah satu yang positif untuk mencegah penularan terhadap yang satunya lagi adalah dengan rutin mengonsumsi obat yang diberikan tiap hari dan rutin kontrol untuk mengecek kesehatannya, khususnya mengetahui viral load atau kadar virus HIV dalam tubuh. Penelitian pada tahun 2017 menunjukkan bahwa seseorang yang kadar virus dalam tubuhnya memiliki status undetectable dan masih menjalani pengobatan antiretroviral, risikonya menularkan virus HIV menjadi nol. Selain itu tentu saja dianjurkan menggunakan kondom bagi mereka yang kondisi viral load-nya masih tinggi.

    Dalam kondisi istri yang positif HIV, untuk mencegah virus menular pada anaknya, diantara pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi obat-obatan HIV yang telah disusun oleh dokter untuk menghadapi kondisi kehamilan, melakukan operasi cesar untuk melahirkan, memberikan obat-obatan anti HIV pada anak tersebut selama 4-6 minggu setelah lahir, dan tidak menyusui anaknya sama sekali. Bila ini dilakukan dengan baik, risiko penularan HIV bisa turun drastis hingga < 2%.

    Namun karena ini juga merupakan hal yang sensitif dan sangat rentan akan kesalahpahaman, saran kami tetap konfirmasi ulang dengan pusat pelayanan kesehatan yang menyediakan sarana VCT tersebut. Sekian, semoga menjawab pertanyaan Anda.

    dr. Amadeo D. Basfiansa