Tanya Dokter

  • Vitamin saat hamil

  •  Susinurvita
    Anggota
    Saya sedang hamil 5 minggu... Dok vitamin apa yang sangat dibutuhkan saat hamil muda?

    Halo Susinurvita, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Saat sedang hamil, seorang wanita membutuhkan beberapa nutrisi tambahan untuk menunjang kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya. Berikut ini adalah beberapa nutrisi tambahan yang diperlukan oleh wanita hamil, diantaranya adalah:

    1. Asam folat. Asam folat adalah salah satu vitamin yang paling penting untuk diberikan pada wanita hamil untuk mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi. Wanita hamil membutuhkan 400 hingga 800 mikrogram per hari, paling baik diberikan mulai dari sejak sedang merencanakan kehamilan.
    2. Kalsium. Kalsium dibutuhkan untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang pada ibu dan bermanfaat juga dalam pembentukan tulang pada bayi. Wanita hamil membutukan 1000 mg kalsium per hari, sementara bila hamil pada usia remaja, dibutuhkan kalsium dalam jumlah lebih banyak yaitu 1300 mg per hari.
    3. Vitamin D. Vitamin D merupakan vitamin yang penting untuk membantu penyerapan kalsium. Tanpa vitamin D, kalsium yang dikonsumsi tidak akan diserap dengan baik di dalam usus. Wanita hamil membutuhkan 600 IU Vitamin D per hari.
    4. Zat besi. Zat besi merupakan mineral esensial untuk pembentukan sel darah merah. Wanita hamil sangat rawan mengalami anemia karena kekurangan zat besi, oleh karena itu dibutuhkan setidaknya 27 mg zat besi per hari.
    5. Protein. Protein adalah nutrien yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan janin. Wanita hamil membutuhkan 71 gr protein setiap harinya.

     

    Sebagian besar nutrisi tersebut bisa didapatkan dari vitamin kehamilan. Anda dapat memperhatikan kandungan nutrisi dalam vitamin kehamilan sebelum membelinya. Nutrisi seperti kalsium bisa anda dapatkan dari susu serta makanan lain yang mengandung kalsium tinggi. Sementara itu protein yang paling baik didapatkan dari protein hewani yaitu daging-dagingan (daging sapi, kambing, ayam, kalkun, dll), sebaiknya pilih daging yang bebas lemak.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia