Tanya Dokter

  • feses berwarna kuning cerah

  •  okuta
    Anggota

    halo dok. akhir" ini warna feses saya berwarna kuning cerah ttp bentuknya normal. untuk urin berwarna putih jernih tidak terlalu kuning. saya tidak demam dan badan saya sehat. makan saya normal. bagaimana menurut dokter ?

    Halo,   Warna feses akan bervariasi tergantung dari pewarnaan bilirubin (zat kimia yang dihasilkan empedu). Warna feses pada normalnya adalah variasi dari coklat (muda hingga tua). Beberaapa jenis warna feses dan indikasi kelainan yang mungkin terjadi adalah :

    1. Kuning = kemungkinan feses Anda mengandung lemak tinggi, adanya penyakit gangguan penyerapan nutrisi seperti celiac, alergi gluten dll. Atur pola diet Anda menjadi rendah lemak, jika warna feses Anda menjadi kecoklatan maka hal ini bukanlah pertanda serius.
    2. Hijau = normal apda bayi baru lahir. Merupakan feses dengan kandungan zat besi tinggi, karena konsumsi sayuran banyak pada vegetarian , pewarna makanan dll.
    3. Putih = merupakan warna feses akibat adanya penyumbatan pada saluran empedu seperti batu empedu.
    4. Hitam = Tanda terjadinya perdarahan pada saluran cerna atas , konsumsi zat besi tinggi dll.
    Segera periksakan diri Anda jika Anda mengalami keluhan feses diluar warna feses normal. Sementara urin jernih merupakan pertanda baik, namun untuk pemastian tidak ada kelainan lain pada urin Anda maka Anda bisa melakukan pemeriksaan urine ke laboratorium.   Semoga membantu   dr. Yusi