Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Alodokter dalam program Telemedicine dan pemberian paket obat ISOMAN gratis. Program tersebut bertujuan membantu mempermudah pasien COVID-19 menjalani isolasi mandiri di rumah.

Melalui masa karantina sekaligus menjalani prosedur perawatan secara mandiri bukanlah hal yang mudah bagi pasien COVID-19. Sulitnya akses layanan kesehatan dan terbatasnya interaksi dengan keluarga serta kerabat selama menjalani isolasi mandiri kerap berdampak pada kesehatan fisik dan mental pasien.

Layanan Telekonsultasi Dokter Pribadi Alodokter dan Paket Obat ISOMAN dari Kemenkes RI - Alodokter

Sebagai bentuk dukungan terhadap program Kementrian Kesehatan RI, Alodokter menyediakan layanan pendampingan telekonsultasi dokter pribadi dan pemberian resep elektronik paket obat ISOMAN gratis untuk pasien COVID-19, khususnya yang tidak bergejala dan bergejala ringan.

Apa Itu Layanan Telekonsultasi Dokter Pribadi dan Paket Obat ISOMAN Gratis dari Kemenkes RI?

Layanan kesehatan berupa pendampingan telekonsultasi dokter pribadi gratis dan paket obat ISOMAN Kemenkes RI bertujuan untuk membantu pasien COVID-19 mendapatkan pengobatan yang tepat tanpa harus pergi ke rumah sakit, karena hanya akan meningkatkan risiko penularan. 

Tak hanya itu, layanan ini juga dapat memberikan dukungan mental dan bimbingan medis yang intensif sehingga pasien bisa lebih tenang dan berpikir positif saat melalui masa isolasi mandiri. Karena pada dasarnya, pasien COVID-19 butuh ketenangan, perhatian, pemantauan, dan pengobatan yang tepat.

Dokter pribadi yang tergabung dalam layanan ini pun terdiri atas tim dokter tepercaya, yang siap memantau kondisi pasien sepanjang hari selama masa isolasi yang dilalui pasien.

Bagaimana Cara Turut Serta dalam Program Pendampingan dan Obat Gratis Ini?

Bagi pasien COVID-19 tanpa gejala atau bergejala ringan dan yang dapat mengikuti program pendampingan dan paket obat ISOMAN Kemenkes RI ini, berikut ini adalah panduan yang dapat diikuti melalui aplikasi Alodokter:

  1. Pasien melakukan tes PCR/swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis. Pasien juga dapat memeriksa apakah NIK sudah terdaftar di isoman.kemkes.go.id/panduan
  2. Anda bisa langsung melakukan pendaftaran di form pada link berikut ini:  https://get.alodokter.com/dokter-pribadi-gratis
  3. Setelah mengisi form dan dinyatakan telah memenuhi persyaratan, pasien akan mendapatkan konfirmasi WhatsApp dari Alodokter untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi secara gratis di aplikasi Alodokter.
  4. Setelah melakukan konsultasi secara menyeluruh, dokter pribadi pendamping akan memberikan pasien resep elektronik untuk paket obat ISOMAN gratis dari Kemenkes RI sesuai kondisi. Apabila diperlukan, dokter pribadi juga dapat meresepkan obat-obatan lain di luar paket obat Kemenkes RI yang dapat ditebus secara mandiri.
  5. Informasikan kembali NIK, nama sesuai KTP, nomor WhatsApp dan email pada saat berkonsultasi dengan dokter pribadi Alodokter untuk keperluan mendapatkan peresepan paket obat ISOMAN gratis dari Kemenkes RI.
  6. Alodokter akan mengirimkan resep elektroknik paket obat ISOMAN dari Kemenkes RI dalam bentuk pdf via WhatsApp atau email.

Apa Saja Paket Obat ISOMAN yang Disediakan oleh Kemenkes RI?

Ada beberapa jenis obat yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan. Obat-obatan tersebut terbagi menjadi dua paket, yaitu paket A dan paket B. Berikut ini adalah beberapa jenis obatnya:

Paket A

Program obat ISOMAN gratis paket A diperuntukkan bagi pasien COVID-19 tanpa gejala. Jenis obat yang diberikan berupa multivitamin, meliputi vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan zinc, masing-masing sebanyak 10 tablet. Multivitamin tersebut dikonsumsi 1 kali sehari.

Paket B

Program obat ISOMAN gratis paket B diperuntukkan bagi pasien COVID-19 bergejala ringan. Jenis obat yang diberikan meliputi:

  • Oseltamivir 75 mg, sebanyak 14 tablet dan dikonsumsi 2 kali sehari
  • Azithromycin 500 mg, sebanyak 5 tablet dan dikonsumsi 1 kali sehari 
  • Multivitamin (vitamin C, vitamin D, vitamin E,  dan zinc), sebanyak 10 tablet dan dikonsumsi 1 kali sehari
  • Paracetamol 500 mg (jika diperlukan), sebanyak 10 tablet

Jika dibutuhkan obat-obatan lain di luar paket obat ISOMAN gratis yang tertera di atas, pasien dapat menebusnya secara mandiri.

Bagaimana Ketentuan dan Tata Cara Penebusan Paket Obat Gratis Kemenkes RI?

Hanya pasien dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus aktif yang berhak mendapatkan obat dan vitamin.

Untuk informasi yang lebih detail tentang syarat dan ketentuan program paket obat ISOMAN dari Kemenkes RI, silakan klik tautan berikut https://program.alodokter.com/syarat-ketentuan-paket-obat-isoman-gratis/. Jangan khawatir, kami akan pastikan privasi riwayat kesehatan kamu tetap terjaga.

Jika dari hasil konsultasi, pasien dinyatakan bergejala sedang atau berat oleh dokter pribadi, pasien tidak dianjurkan untuk menjalani isolasi mandiri dan akan diarahkan ke fasilitas kesehatan yang lebih memadai.

Kamu juga bisa Chat Dokter langsung dengan klik tautan ini untuk download aplikasi Alodokter.

Kamu, kami, dan seluruh masyarakat Indonesia saat ini sedang berjuang bersama menghadapi COVID-19. Oleh karena itu, yuk, bersama kita lawan COVID-19. Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa #KamuTidakSendiri kami ada di sini.