Lesung pipi merupakan cekungan kecil pada salah satu atau kedua pipi yang terbentuk secara alami, tetapi juga bisa dibuat dengan operasi. Banyak orang mengatakan bahwa lesung pipi memberikan daya tarik tersendiri dan membuat wajah terlihat lebih manis saat tersenyum.

Keberadaan lesung pipi dapat bersifat sementara atau selamanya. Beberapa orang ada yang memiliki lesung pipi sejak lahir, lalu memudar saat menginjak usia dewasa. Terkadang, lesung pipi baru muncul seiring bertambahnya usia atau setelah mengalami cedera pada otot wajah.

Lesung Pipi, Kelainan yang Membuat Wajah Terlihat Manis dan Menarik - Alodokter

Proses Terbentuknya Lesung Pipi

Sebenarnya, lesung pipi terbentuk karena otot wajah mengalami kelainan atau deformitas. Kebanyakan lesung pipi terbentuk karena adanya variasi pada struktur otot wajah bernama zygomaticus major. Otot ini membantu sudut mulut terangkat ketika tersenyum.

Pada orang biasa, otot zygomaticus major memanjang dari tulang pipi hingga sudut mulut. Namun, pada orang dengan lesung pipi, ujung otot zygomaticus major yang berada di sudut mulut terbagi menjadi dua.

Salah satu ujung menempel pada sudut mulut, sedangkan ujung lainnya menempel di bawah sudut mulut dan kulit di atas sudut mulut. Saat tersenyum, gerakan otot ini pun menyebabkan terbentuknya lesung pipi.

Namun, ada juga penelitian yang menyatakan bahwa faktor genetik turut berpengaruh. Jadi, jika Anda memiliki lesung pipi, kemungkinan anak Anda akan memilikinya juga.

Lesung pipi biasanya terlihat di kedua pipi. Namun, ada beberapa orang yang memiliki lesung pipi hanya di satu sisi wajah.

Cara Membuat Lesung Pipi Buatan

Bagi Anda yang memiliki otot wajah normal, tetapi ingin mempermanis wajah dengan lesung pipi, Anda bisa menempuh jalur operasi. Operasi pembuatan lesung pipi biasanya berlangsung singkat, yaitu 20–30 menit, dan tidak menjalani rawat inap.

Selama prosedur berlangsung, dokter anestesi akan memberikan obat bius lokal untuk membuat area pipi mati rasa. Setelah pembiusan, ahli bedah plastik mulai membuat jahitan antara otot pipi dan kulit yang berada di atas otot pipi.

Jahitan tersebut akan menyebabkan bekas luka kecil pada pipi atau dengan kata lain lesung pipi buatan sudah terbentuk. Usai operasi, Anda tidak perlu kembali ke dokter untuk melepas jahitan pada pipi, karena benang yang dipakai dapat diserap dengan sendirinya oleh kulit.

Operasi lesung pipi umumnya bersifat permanen. Namun, operasi ulang bisa dilakukan jika lesung pipi memudar, menghilang, ukurannya terlalu besar, atau tidak simetris.

Lesung pipi memang bisa membuat penampilan seseorang terlihat lebih manis. Bagi Anda yang ingin memiliki lesung pipi tetapi takut menjalani operasi, Anda bisa menggunakan make up untuk mengakalinya.

Risiko Operasi Lesung Pipi

Meski jarang terjadi, operasi lesung pipi juga memiliki risiko komplikasi. Berikut ini adalah beberapa komplikasi yang dapat terjadi:

  • Perdarahan berlebihan pada lokasi operasi
  • Memar
  • Pembengkakan
  • Kerusakan saraf wajah
  • Infeksi
  • Kegagalan operasi, seperti lesung pipi tidak simetris
  • Munculnya jaringan parut

Jika Anda ingin memiliki lesung pipi dan berniat untuk mendapatkannya lewat operasi plastik, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui apakah tindakan ini cocok untuk Anda, bagaimana persiapannya, dan apa saja risikonya.