Virus Corona sejauh ini memang terlihat lebih banyak menyerang orang dewasa. Namun, sebenarnya beberapa kasus infeksi virus Corona pada bayi juga sudah ditemukan. Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan perlu dilakukan untuk mengurangi risiko penularan virus Corona pada bayi.

Lindungi Bayi Anda dari Virus Corona - Alodokter

Virus Corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 kini sudah ditemukan di Indonesia. Virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, Tiongkok ini diduga ditularkan oleh hewan, namun juga dapat menular antarmanusia melalui percikan air liur atau dahak yang dikeluarkan saat penderita COVID-19 batuk atau bersin.

Lindungi Bayi Anda dari Virus Corona - Alodokter

Virus Corona lebih mudah menyerang dan menyebabkan komplikasi yang fatal pada orang yang daya tahan tubuhnya lemah, seperti lansia atau orang yang kekurangan gizi. Meski begitu, risiko infeksi virus Corona pada orang dewasa, ibu hamil, dan anak-anak juga tidak bisa diremehkan, apalagi jika infeksi virus Corona terjadi pada bayi.

Mengenali Gejala Virus Corona pada Bayi

Gejala infeksi virus Corona bisa berbeda-beda pada setiap orang. Sebagian penderita COVID-19 menunjukkan gejala yang ringan atau mirip gejala flu, tapi ada juga penderita yang mengalami gejala berat akibat pneumonia. Gejala ini dapat muncul dalam waktu 2–14 hari setelah terpapar virus Corona.

Gejala infeksi virus Corona pada bayi sedikit berbeda dengan gejala yang muncul pada orang dewasa. Pada bayi, infeksi virus Corona dapat menyebabkan:

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak napas
  • Kurang mau menyusu atau minum
  • Lemas dan kurang aktif
  • Diare

Bila Bunda dan Ayah mencurigai adanya gejala pada buah hati, cobalah deteksi apakah Si Kecil berisiko terinfeksi virus Corona dengan klik gambar berikut ini.

Lindungi Bayi Anda dari Virus Corona - Alodokter

Cara Mencegah Virus Corona pada Bayi

Hingga saat ini, belum ditemukan obat atau vaksin yang dapat mengobati atau mencegah infeksi virus Corona. Namun, ada berbagai langkah yang bisa Bunda dan Ayah lakukan untuk melindungi Si Kecil dari virus Corona, yaitu:

  • Rutin berikan Si Kecil ASI, karena ASI mengandung banyak nutrisi dan antibodi yang dapat melindungi bayi dari beragam penyakit dan infeksi.
  • Jauhkan Si Kecil dari orang yang sedang sakit, terutama yang sedang terinfeksi virus Corona.
  • Hindarkan Si Kecil dari penyakit menular lain yang dapat menurunkan daya tahan tubuh dengan tetap melengkapi imunisasi dasar sesuai jadwal.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer selama 20 detik sebelum menyentuh, menggendong, menyusui, atau memberi makan Si Kecil.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin, lalu segera buang tisu dan cuci tangan.
  • Gunakan masker apabila sedang batuk atau pilek.

Bunda atau Ayah perlu segera membawa Si Kecil ke dokter jika ia terlihat mengalami gejala infeksi virus Corona, terutama jika ada riwayat kontak dengan orang yang terinfeksi virus Corona atau bepergian ke daerah yang mengalami wabah COVID-19 dalam waktu 2 minggu terakhir.

Jika ragu apakah gejala yang dialami Si Kecil mengarah pada infeksi virus Corona atau tidak, Bunda dan Ayah bisa chat dokter langsung di aplikasi ALODOKTER, sekaligus membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi ini.