Sebagian pria langsung terlelap tidur setelah berhubungan intim. Hal ini kerap membuat kesal para wanita. Bahkan, tidak sedikit wanita yang lantas mengira suaminya tidak cinta kepadanya. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan pria mudah tidur setelah bercinta?

Bila kamu sering ditinggal tidur oleh pasangan setelah bercinta, jangan terburu-buru berprasangka bahwa dia tidak mencintai kamu lagi, ya. Gampang tertidur setelah berhubungan intim pada pria sebenarnya tidak ada kaitannya dengan perasaan cintanya kepada pasangan, kok, melainkan karena ada alasan ilmiah di balik hal ini.

Mengapa Pria Cepat Tertidur Setelah Berhubungan Intim? - Alodokter

Ini Alasan Pria Mudah Tertidur Setelah Berhubungan Intim

Cepat tertidur setelah bercinta pada pria berkaitan dengan orgasme. Hal ini didukung oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik setelah melakukan hubungan intim dengan orgasme dibandingkan dengan hubungan intim tanpa orgasme.

Saat orgasme, tubuh mengeluarkan hormon oksitosin dan prolaktin, serta menghambat produksi hormon kortisol (hormon stres).

Hormon oksitosin diketahui memiliki efek menenangkan dan menurunkan stres, sementara hormon prolaktin dapat menimbulkan rasa lelah. Kombinasi kedua hormon ini bisa menimbulkan rasa mengantuk dan membuat tidur lebih nyenyak. Ditambah lagi, produksi hormon stres juga dihambat, sehingga tubuh dan pikiran akan lebih rileks.

Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara orgasme wanita dan pria. Artinya, wanita juga bisa merasakan kantuk setelah orgasme. Namun, bila dibandingkan dengan wanita, pria memang cenderung lebih mudah mendapatkan orgasme.

Ada beberapa hal yang membuat orgasme lebih susah didapatkan oleh wanita. Contohnya, letak klitoris yang jauh dari vagina bisa menyebabkan wanita sulit mencapai orgasme hanya dengan penetrasi penis. Rasa nyeri karena produksi pelumas yang kurang saat penetrasi juga dapat menghambat datangnya orgasme.

Selain itu, rasa tidak percaya diri dan stres juga bisa dirasakan wanita saat berhubungan seks, bahkan setelah bertahun-tahun menikah. Hal ini juga berpengaruh terhadap munculnya orgasme.

Lalu, Bagaimana Supaya Pria Tidak Langsung Tidur?

Setelah mengetahui informasi di atas, kini kamu memahami bahwa cepat tertidur setelah berhubungan intim pada pria bukan karena kesengajaan, tetapi karena tubuhnya memang didesain seperti itu secara alami.

Bila kamu merasa tersinggung atau tidak suka akan hal itu, ada baiknya kamu bicarakan baik-baik dengan pasanganmu. Jangan langsung menuduhnya tidak mencintaimu lagi lantaran kamu sering ditinggal tidur setelah bercinta.

Untuk mencegah pasanganmu langsung tidur setelah berhubungan intim, cobalah sama-sama membiasakan diri untuk membersihkan badan dan alat kelamin setelah bercinta. Selain bisa sedikit mengusir rasa kantuk, bersih-bersih setelah berhubungan seksual sangat baik untuk mencegah timbulnya infeksi, lho.

Setelah itu, jangan sungkan untuk meminta pasanganmu memberikan ciuman, sentuhan, atau sekadar memeluk dirimu dari belakang ketika ia akan tidur. Katakan kepadanya bahwa hal-hal tersebut membuatmu sangat senang dan tidak merasa ditinggal setelah momen bercinta selesai. Dengan begitu, hubunganmu dan pasangan pun akan lebih harmonis, kan?

Jika kamu dan pasanganmu masih memiliki kendala terkait kehidupan seks, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog yang memang khusus menangani kondisi ini, untuk mendapatkan solusi yang tepat.