Tulang hasta memiliki beragam fungsi penting untuk mendukung pergerakan lengan bawah. Jika terjadi gangguan atau kerusakan pada tulang ini, seseorang akan kesulitan untuk menggerakkan lengannya. Gangguan pada tulang hasta paling sering terjadi akibat trauma fisik.

Tulang hasta atau ulna merupakan tulang berbentuk panjang dan tipis yang berada di lengan bawah. Bersama tulang radius, tulang hasta berperan dalam membentuk postur tubuh dan mendukung pergerakan lengan bawah.

Mengenal Fungsi Tulang Hasta dan Gangguan yang Dapat Terjadi - Alodokter

Berbagai Fungsi Tulang hasta

Tulang hasta memiliki beragam fungsi yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari, di antaranya:

1. Membentuk struktur tulang lengan bawah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lengan bawah dibentuk oleh tulang hasta dan tulang radius. Tulang hasta berada di sisi kelingking, sedangkan tulang radius berada di sisi ibu jari. Ujung kedua tulang ini bertumpu di sendi siku dan sisi lainnya di sendi pergelangan tangan.

2. Membantu pergerakan pergelangan tangan

Tumpuan antara tulang hasta dan tulang radius pada sendi pergelangan tangan dapat mendukung berbagai gerakan di bagian tersebut, seperti memutar pergelangan tangan dan membalikkan telapak tangan ke atas atau ke bawah.

Dengan fungsi ini, manusia dapat menggunakan pergelangan tangan untuk melakukan berbagai hal, seperti menulis, membawa barang, atau menggenggam gagang pintu.

3. Mengendalikan dan menggerakkan persendian siku

Tidak hanya pergelangan tangan, tumpuan tulang hasta dan tulang radius pada sendi siku juga berfungsi untuk mengatur dan menggerakkan persendian siku. Adanya tumpuan ini memungkinkan Anda untuk menekuk dan meluruskan lengan.

Gangguan pada Tulang Hasta

Tulang hasta yang panjang dan tipis rentan mengalami keretakan, patah, atau bergeser dari tempatnya akibat cedera. Hal ini biasanya terjadi karena terjatuh dengan posisi tubuh bertumpu pada pergelangan tangan.

Selain berdampak pada tulang hasta, cedera terkadang juga bisa menimbulkan kerusakan pada tulang radius dalam waktu yang bersamaan. Kondisi ini tentunya bisa memengaruhi kemampuan seseorang untuk memutar, menekuk, atau meluruskan tangannya.

Selain patah tulang, kelainan bentuk tulang juga bisa menimbulkan gangguan pada tulang hasta, seperti deformitas Madelung. Meski jarang terjadi, kondisi ini bisa memicu pertumbuhan tulang yang abnormal dan menyebabkan tulang hasta bergeser dari tempat seharusnya atau dislokasi.

Itulah berbagai fungsi tulang hasta bagi tubuh dan gangguan yang bisa terjadi. Mengingat fungsi tulang hasta yang penting dalam mendukung pergerakan tubuh, Anda disarankan untuk menjaga kesehatan tulang tersebut.

Misalnya, dengan memperbanyak konsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu dan produk olahannya, menghindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, serta berolahraga secara rutin.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar fungsi atau gangguan pada tulang hasta, jangan ragu untuk bertanya ke dokter, ya.