Dari semua tipe kepribadian, kepribadian ENFJ digambarkan sebagai tipe kepribadian yang paling mampu menjalin persahabatan dengan hampir setiap orang, bahkan dengan orang yang sangat pendiam atau tertutup. Ini karena pribadi ENFJ adalah sosok yang sangat ramah, hangat, dan peka.

Kepribadian ENFJ merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diklasifikasikan berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). ENFJ itu sendiri adalah akronim dari Extraverted, Intuitive, Feeling, dan Judging. Biasanya, individu ENFJ dikenal sebagai sosok yang pandai berteman dan peka terhadap perasaan orang lain.

Mengenal Kepribadian ENFJ, Sosok yang Hangat dan Penuh Empati - Alodokter

Karakteristik Utama Kepribadian ENFJ

Kepribadian ENFJ memiliki beberapa karakteristik utama, yaitu:

1. Suka bersosialisasi

Individu ENFJ merupakan seorang extrovert sejati. Ini artinya, ia sangat suka bersosialisasi dan menghabiskan waktunya bersama orang lain. Berada di lingkungan sosial bahkan bisa membantunya merasa lebih berenergi.

Pribadi ENFJ juga bisa dengan mudah masuk ke dalam lingkungan pergaulan mana pun, karena ia adalah orang yang hangat, penyayang, ramah, dan suportif. Oleh sebab itulah, individu ENFJ biasanya memiliki lingkup pertemanan yang sangat luas.

2. Memiliki empati tinggi

Memiliki empati tinggi adalah salah satu kekuatan terbesar pribadi ENFJ. Ia sangat pandai memahami perasaan dan kebutuhan orang lain. Pribadi ENFJ biasanya juga sangat suka membantu orang lain.

Ia bahkan mendapatkan kepuasan batin jika berhasil mendorong dan membantu orang lain mencapai tujuan mereka. Namun, akibat terlalu senang membantu orang lain, pribadi ENFJ kerap mengorbakan diri sendiri dan terkesan overprotective.

3. Berjiwa pemimpin

Individu ENFJ umumnya memiliki keterampilan berkomunikasi yang bagus, baik secara lisan maupun tulisan. Biasanya, pribadi ENFJ juga memiliki kemampuan untuk menginspirasi, meyakinkan, dan membawa semangat bagi orang-orang di sekitarnya.

Nah, berkat kemampuannya tersebut, seseorang dengan kepribadian ENFJ bisa menjadi pemimpin yang luar biasa.

4. Sensitif

Mengingat ambisinya yang sangat tinggi dalam membantu orang lain, pribadi ENFJ mudah merasa kesal, tersinggung, atau tidak dihargai apabila bantuan yang ia berikan tidak dimanfaatkan dan diapresiasi sesuai dengan keinginannya.

Hal ini bisa membuat pribadi ENFJ memaksakan kehendaknya kepada orang lain, sehingga dapat memicu perselisihan atau pertengkaran.

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian ENFJ

Seperti tipe kepribadian lainnya, kepribadian ENFJ juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, di bawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh pribadi ENFJ:

Kelebihan:

  • Ramah
  • Persuasif
  • Terorganisir
  • Penuh kasih sayang
  • Memiliki empati tinggi
  • Suka bersosialisasi

Kelemahan:

  • Kaku
  • Manipulatif
  • Sangat sensitif
  • Sangat protektif
  • Suka mengorbankan diri

Karir yang Cocok untuk Kepribadian ENFJ

Individu ENFJ digambarkan sebagai pribadi yang sangat suka membantu orang lain dan memiliki kemampuan dalam memahami keinginan, kebutuhan, dan maksud orang lain.

Tak hanya itu, pribadi ENFJ juga sangat terampil dalam berkomunikasi, membuat strategi, dan mengelola kegiatan, sehingga ia memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin yang hebat.

Oleh sebab itu, orang dengan kepribadian ENFJ umumnya sangat menyukai karir di mana ia bisa menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi dan menolong orang lain. Ia juga suka bekerja di lingkungan yang fleksibel dan memungkinkannya untuk mempelajari berbagai hal baru.

Nah, beberapa bidang pekerjaan yang cocok untuk seseorang dengan kepribadian ENFJ adalah psikolog, pekerja sosial, konselor, guru, dosen, manajer, atau sukarelawan.

Kepribadian ENFJ, maupun kepribadian lainnya, memiliki keunggulan dan karakteristiknya masing-masing. Dengan mengenali dirimu dan jenis kepribadianmu melalui tes MBTI, kamu bisa terbantu untuk mengetahui potensi yang ada di dalam dirimu.

Akan tetapi, apabila kamu sudah tahu apa tipe kepribadianmu tapi masih merasa kesulitan untuk melihat potensi atau keunggulan yang ada dalam dirimu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan psikolog mengenai hal ini.