Penggunaan lensa kontak dapat membantu Anda melihat lebih jelas sekaligus membuat mata tetap terlihat indah. Namun, Anda harus menerapkan cara merawat lensa kontak yang benar agar kesehatan mata tetap terjaga.

Lensa kontak berfungsi sebagai pengganti kacamata. Lensa kontak cenderung lebih simpel dibandingkan kacamata yang rentan untuk mengalami baret, pecah, patah atau hilang. Dengan alasan tidak mengganggu penampilan pula, banyak orang yang memilih untuk menggunakan lensa kontak dibandingkan kacamata.

Begini Cara Merawat Lensa Kontak yang Benar - Alodokter

Cara Merawat Lensa Kontak

Bagi yang menggunakan lensa kontak, Anda harus menjaga kebersihannya dengan baik agar tidak menimbulkan masalah kesehatan, seperti infeksi mata dan penyakit mata lainnya.

Meski tidak dapat sepenuhnya dihindari, Anda bisa mencegah terjadinya infeksi mata dengan menerapkan cara merawat lensa kontak berikut ini:

1. Jaga kebersihan lensa kontak

Selalu cuci bersih dan keringkan tangan sebelum memasang atau melepas lensa kontak. Bagi yang suka berdandan, disarankan untuk mengenakan lensa kontak sebelum mengaplikasikan riasan mata. Sesudahnya juga demikian, Anda perlu untuk melepas lensa kontak sebelum riasan makeup di hapus.

Selain hal tersebut, Anda juga disarankan untuk selalu melepaskan lensa kontak sebelum mandi atau berenang. Usahakan agar lensa kontak Anda tidak terkena air.

2. Lepas lensa kontak ketika tidur

Segera lepaskan lensa kontak ketika akan tidur. Jika Anda tetap menggunakannya, jumlah oksigen yang masuk ke mata bisa menipis. Apabila hal ini terjadi, Anda berisiko tinggi untuk mengalami infeksi mata, peradangan, dan iritasi mata.

3. Gunakan cairan pembersih khusus

Gunakan cairan pembersih khusus yang disarankan dokter atau apotek untuk membersihkan dan merendam lensa kontak. Jangan gunakan air atau cairan lainnya, karena air kolam atau air sulingan bisa mengandung organisme acanthamoeba yang dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.

4. Bersihkan lensa kontak secara berkala

Bersihkan lensa kontak setiap selesai digunakan. Kemudian, segera simpan di kotak penyimpanan yang sudah berisikan larutan pembersih berbasis hidrogen peroksida. Kotak penyimpanan lensa kontak perlu dibersihkan secara rutin dan diganti tiap 3 bulan sekali agar tetap terjamin kebersihannya.

Ketika membersihkan lensa kontak, lakukan secara perlahan agar lensa kontak tidak robek. Bagi yang mengenakan lensa kontak sekali pakai, Anda tidak perlu membersihkannya karena bisa langsung dibuang begitu selesai digunakan. Jangan pernah menggunakan lensa kontak sekali pakai lebih dari sehari.

Penyakit yang Berisiko Timbul Akibat Lensa Kontak Kotor

Jika digunakan secara benar, lensa kontak terbukti aman. Namun risiko infeksi mata tetap mengintai penggunaan lensa kontak, sehingga Anda memang harus benar-benar memperhatikan kebersihannya.

Bahaya yang mengintai dari penggunaan lensa kontak bukan hanya infeksi mata, ada juga penyakit mata lainnya, seperti:

Aplikasikan cara merawat lensa kontak dengan benar, agar Anda terhindar dari infeksi mata dan gangguan mata lainnya. Jika penggunaan lensa kontak membuat mata menjadi iritasi, merah, bengkak, sakit dan perih, keluar kotoran terus menerus,  penglihatan terganggu, atau mata menjadi sensitif terhadap cahaya, segera konsultasikan ke dokter mata.