NUVO Hand Sanitizer dan Hand Soap merupakan produk pembersih tangan tersedia dalam bentuk sabun cair dan gel. Produk ini bermanfaat untuk membasmi kuman, termasuk bakteri dan virus, pada area tangan.

NUVO mengandung bahan aktif ethanol efektif untuk menghambat hingga menghentikan aktivitas beragam jenis bakteri, seperti Escherichia coli dan Staphylococcus aureus; atau virus, seperti influenza dan respiratory syncytial virus (RSV). Produk ini pun dapat membantu mencegah penyebaran infeksi akibat patogen-patogen tersebut.

Nuvo Hand Sanitizer and Hand Soap
Jenis dan Kandungan NUVO Hand Sanitizer dan Hand Soap

Produk pembersih tangan NUVO terbagi dalam dua jenis, yaitu NUVO Antibacterial Hand Sanitizer dan NUVO Antibacterial Hand Soap. Berikut penjelasannya:

NUVO Antibacterial Hand Sanitizer

NUVO Antibacterial Hand Sanitizer mengandung ethanol 70% sebagai bahan aktif untuk membasmi kuman. Selain itu, produk ini juga mengandung gel Aloe vera yang berfungsi sebagai emolien (pelembap) dan pewangi untuk menghilangkan bau tidak sedap.

NUVO Hand Sanitizer tersedia dalam 3 varian warna, yaitu pink (fresh blossom), biru (cool breeze), dan hijau (spring nature). Produk ini juga memiliki variasi ukuran kemasan, mulai dari 50 ml, 85 ml, hingga 250 ml.

NUVO Antibacterial Hand Soap

NUVO Antibacterial Hand Soap mengandung antibacterial agent 0,16%,  sabun, dan surfaktan 11% yang berfungsi untuk membasmi kuman serta membersihkan minyak dari permukaan kulit. Produk ini juga mengandung pewangi untuk menghilangkan bau tidak sedap di tangan.

NUVO Antibacterial Hand Soap tersedia dalam 2 varian warna, yaitu toska (icy splash) dan pink (fresh blossom). Produk ini tersedia dalam kemasan botol dan pouch (refill) 250 ml.

Apa Itu NUVO Hand Sanitizer dan Hand Soap?

Golongan Antiseptik dan disinfektan
Kategori Produk bebas
Manfaat Membasmi kuman di tangan
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
NUVO untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: belum dikategorikanNUVO belum diketahui dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Konsultasikan ke dokter untuk mengetahui kemungkinan penyerapan kandungan NUVO ke dalam ASI.
Bentuk produk Cair dan gel

 Peringatan Sebelum Menggunakan NUVO Hand Sanitizer dan Hand Soap:

  • Hindari penggunaan pembersih tangan NUVO jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap bahan yang terkandung dalam produk ini.
  • Hindari penggunaan pembersih tangan NUVO pada kulit yang luka, pecah-pecah, atau iritasi.
  • Produk ini hanya untuk penggunaan di area tangan.
  • Bila sabun atau gel pembersih tangan NUVO terlanjur mengenai mata, segera bersihkan dengan air mengalir.
  • Jika terjadi reaksi alergi setelah menggunakan pembersih tangan NUVO, hentikan penggunaan dan segera ke dokter.

Aturan Pakai NUVO Hand Sanitizer dan Hand Soap

Untuk mencegah penyebaran kuman melalui tangan, Anda dapat menggunakan NUVO setiap hari, terutama:

  • Sebelum dan setelah makan atau menyiapkan makanan
  • Sebelum dan setelah merawat luka atau merawat orang sakit
  • Setelah menyentuh hewan, makanan hewan, atau kotoran hewan
  • Setelah buang air besar, buang air kecil, atau setelah dari kamar mandi
  • Setelah mengganti popok atau membersihkan anak sehabis buang air besar atau buang air kecil di kamar mandi
  • Setelah bersin dan batuk
  • Setelah memegang benda yang kotor
  • Setelah membuang sampah

Cara Menggunakan NUVO Hand Sanitizer dan Hand Soap dengan Benar

Baca dan ikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan pembersih tangan NUVO sebelum mulai menggunakannya. Secara umum, berikut panduan cara menggunakan pembersih tangan NUVO berdasarkan jenisnya:

NUVO Hand Sanitizer

NUVO Hand Sanitizer digunakan dengan menekan badan atau pump botol untuk menuangkan gel seperlunya ke telapak tangan. Ratakan gel sampai ke sela-sela jari. Kemudian, saling gosok permukaan tangan, punggung tangan, hingga kuku dan pergelangan tangan. Lakukan langkah cuci tangan dengan hand sanitizer hingga gel kering sepenuhnya.

NUVO Hand Soap

Berikut adalah 5 langkah mencuci tangan dengan NUVO Hand Soap:

  • Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu tekan pump botol satu kali untuk menuangkan sabun cair ke telapak tangan.
  • Gosok kedua telapak tangan sampai sabun berbusa dan menutupi seluruh area tangan.
  • Bersihkan sela-sela jari dan bawah kuku. Lalu gosok pergelangan tangan.
  • Bilas tangan dengan air bersih yang mengalir.
  • Keringkan tangan dengan handuk atau tisu yang bersih.

Anda disarankan untuk menggosok-gosok tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik agar benar-benar bersih dari kuman.

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih baik daripada dengan hand sanitizer. Hal ini karena sabun mampu membersihkan tangan yang sangat kotor dan lebih efektif untuk membasmi beberapa jenis kuman, seperti Cryptosporidium, Norovirus, atau Clostridium difficile.

Meski begitu, membersihkan tangan dengan hand sanitizer juga baik karena lebih cepat dan lebih praktis.

Produk pembersih tangan NUVO perlu disimpan di suhu ruangan dan jauh dari bahan atau alat yang mudah terbakar, seperti kompor. Jauhkan juga produk ini dari jangkauan anak-anak, kecuali di bawah pengawasan orang dewasa.

Interaksi NUVO Hand Sanitizer dan Hand Soap dengan Produk Lain

Kandungan ethanol dalam NUVO dapat mengubah cara tubuh memecah alkohol, bila digunakan bersama disulfiram, sefalosporin, dan metronidazole. Ethanol juga dapat memicu iritasi pada kulit jika digunakan bersama produk perawatan kulit.

Efek Samping dan Bahaya NUVO Hand Sanitizer dan Hand Soap

Kandungan ethanol di dalam NUVO dapat menimbulkan rasa perih sesaat setelah penggunaan, terutama bila digunakan pada kulit yang luka atau pecah-pecah.

Jika digunakan terlalu sering, NUVO juga dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Selain itu, anak-anak bisa saja tanpa sengaja menelan produk ini. Hal tersebut dapat menyebabkan keracunan, mabuk, serta hipoglikemia.

Segera ke dokter jika NUVO tertelan atau muncul reaksi alergi obat setelah menggunakan NUVO, seperti gatal, muncul ruam di kulit, bentol-bentol, atau sulit bernapas.