Bagi Anda pemilik kulit wajah kering, ada beragam pelembap wajah alami yang bisa menjadi pilihan. Selain mudah dibuat dan digunakan di rumah, pelembap dari bahan alami ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan mencegah berbagai masalah kulit.

Pelembap wajah sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit dan digunakan secara rutin. Bagi Anda pemilik kulit wajah kering, penggunaan produk pelembap wajah berbahan dasar minyak sangat direkomendasikan guna menjaga kelembapan kulit.

5 Pilihan Pelembap Wajah Alami untuk Kulit Kering - Alodokter

Kulit yang lembap dapat menjaga kesehatan kulit serta mencegah munculnya jerawat, flek hitam, dan tanda penuaan dini, seperti garis atau kerutan halus di wajah. Oleh karena itu, kelembapan kulit wajah perlu dijaga guna mencegah beragam masalah kulit.

Jenis-Jenis Pelembap Wajah Alami

Beberapa jenis pelembap wajah alami yang cocok digunakan untuk kulit wajah kering meliputi:

1. Alpukat

Tidak hanya menghidrasi dan melembapkan kulit, tingginya kandungan antioksidan dalam buah alpukat juga berperan dalam mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dan paparan sinar matahari.

Untuk menggunakannya, Anda cukup oleskan alpukat yang telah dihaluskan pada wajah dan diamkan selama 15–20 menit, kemudian basuh dengan air hangat.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal dengan manfaatnya untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari melembapkan kulit kering, mengobati jerawat, hingga mencegah penuaan dini.

Penggunaan masker minyak zaitun pun cukup mudah. Pertama, oleskan minyak zaitun ke kulit wajah secara merata, kemudian tempelkan kain yang telah direndam air hangat. Setelah itu, bilas wajah hingga benar-benar bersih.

3. Lidah buaya

Bahan pelembap wajah alami yang satu ini juga baik digunakan untuk kulit wajah kering. Tidak hanya bermanfaat melembapkan kulit wajah, lidah buaya bahkan juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Dalam penggunaannya, Anda bisa memanfaatkan daging atau bagian dalam lidah buaya secara langsung dengan cara mematahkan daun lidah buaya, kemudian mengoleskan daging lidah buaya ke wajah secara merata.

4. Oatmeal

Tidak hanya dikonsumsi, oatmeal juga bisa dijadikan sebagai pelembap wajah alami untuk wajah kulit kering. Bahan alami ini bahkan efektif dalam mengurangi iritasi kulit dan kondisi kulit kering pada penderita eksim.

Anda hanya perlu mencampur satu sendok teh oatmeal dengan satu sendok teh air. Selanjutnya, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15–20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Madu

Madu sudah lama dikenal manfaatnya dalam melembapkan kulit wajah. Tak hanya itu, madu juga diketahui dapat mencerahkan dan memutihkan kulit wajah, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan kulit kusam.

Untuk memanfaatkan madu sebagai pelembap wajah alami, Anda cukup oleskan madu ke wajah, lalu diamkan selama 10–15 menit. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air hingga bersih, kemudian keringkan dengan handuk.

Itulah beragam bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai pelembap wajah. Selain penggunaan masker wajah alami dan produk pelembap wajah, Anda juga perlu menjaga hidrasi kulit dengan cara mengonsumsi air putih yang cukup.

Bahan-bahan alami di atas memang tergolong ringan dan aman untuk kulit. Namun, Anda tetap perlu hati-hati dalam menggunakannya, sebab salah satu bahan tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda melakukan tes terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap bahan tersebut atau tidak sebelum menggunakannya.

Caranya, oleskan sedikit bahan alami di sisi dalam lengan bawah, kemudian tunggu kemungkinan munculnya reaksi alergi setelah beberapa menit.

Bila Anda mengalami reaksi alergi, seperti gatal, kulit kemerahan, atau bengkak, setelah menggunakan bahan pelembap wajah alami tersebut, segera hentikan pemakaian dan periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat guna meredakan gejala alergi yang muncul.