Obat tetes telinga gatal ada bermacam-macam, dengan kandungan, cara kerja, dan fungsi yang berbeda. Agar efeknya optimal dan tidak malah memperburuk kondisi, obat tetes telinga gatal perlu dipilih sesuai penyebab yang mendasari keluhan gatal di telinga.

Telinga gatal bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari penumpukan kotoran telinga, membersihkan telinga secara berlebihan, infeksi telinga, hingga gangguan kulit seperti eksim.

Pilihan Obat Tetes Telinga Gatal Sesuai Penyebabnya - Alodokter

Mengalami telinga gatal pasti membuat Anda ingin menggaruk atau mengorek telinga dengan cotton bud. Namun, cara ini sebaiknya dihindari karena dapat melukai telinga bagian dalam. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan obat tetes telinga gatal yang bisa dibeli secara bebas atau menggunakan resep dokter.

Jenis-Jenis Obat Tetes Telinga Gatal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jenis obat tetes telinga gatal dibedakan berdasarkan penyebab yang mendasarinya. Berikut ini adalah penjelasannya:

Obat tetes telinga gatal karena penumpukan kotoran

Kotoran telinga sebenarnya dihasilkan oleh tubuh untuk membersihkan dan melindungi saluran telinga. Namun, jika menumpuk, kotoran telinga justru akan menyumbat saluran telinga dan menimbulkan gejala berupa telinga gatal.

Jika mengalami kondisi ini, Anda bisa mengatasinya dengan membeli obat tetes telinga gatal yang berguna untuk melunakkan dan memecah kotoran telinga. Obat tetes untuk melunakkan kotoran telinga ini umumnya mengandung minyak mineral, karbamid peroksida, gliserin, hidrogen peroksida, atau asam asetat.

Obat tetes telinga gatal karena eksim

Eksim di telinga dapat menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan. Kondisi ini bisa memengaruhi kulit telinga bagian dalam dan luar. Tak hanya rasa gatal, eksim telinga juga biasanya ditandai dengan kulit kering, kemerahan, bersisik, dan pecah-pecah.

Apabila eksim terjadi pada saluran telinga luar, dokter biasanya akan meresepkan obat tetes telinga gatal yang mengandung steroid. Selain obat tetes, steroid topikal juga diperlukan untuk membantu mengurangi peradangan akibat eksim.

Tak hanya itu, penderita eksim juga dianjurkan untuk menjaga kulit sekitar telinga agar tetap lembap.

Obat tetes telinga gatal karena infeksi

Infeksi telinga dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, atau virus, dan biasanya terjadi pada telinga tengah (otitis media) atau telinga luar (otitis eksterna). Salah satu gejala infeksi telinga adalah telinga gatal.

Untuk mengobati telinga gatal karena infeksi, dokter akan meresepkan obat tetes telinga sesuai dengan penyebab infeksi.

Telinga gatal yang disebabkan infeksi bakteri akan diberikan obat tetes telinga antibiotik, sedangkan telinga gatal akibat infeksi jamur akan diresepkan obat tetes telinga antijamur.

Selain itu, obat tetes yang mengandung steroid dosis ringan juga mungkin akan diberikan jika gatal pada telinga disertai dengan pembengkakan.

Perawatan selama Menggunakan Obat Tetes Telinga Gatal

Munculnya rasa gatal sebagai gejala dari gangguan telinga memang tidak bisa dihindari. Rasa gatal tersebut dapat hilang dengan sendirinya bila gangguan pada telinga sudah teratasi.

Meski begitu, rasa gatal ini bisa membuat pengobatan menjadi kurang efektif, bahkan menimbulkan infeksi bila perawatan yang dilakukan tidak benar. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat telinga selama menjalani pengobatan dengan obat tetes telinga gatal:

  • Menghindari penggunaan korek kuping atau ujung jari tangan untuk membersihkan bagian dalam telinga
  • Mengusahakan agar air atau sampo tidak masuk ke dalam telinga saat sedang mandi
  • Menggunakan penutup telinga atau topi khusus saat berenang
  • Mengobati penyebab utama telinga gatal

Obat tetes telinga gatal umumnya aman digunakan dan efektif untuk mengatasi keluhan pada telinga. Namun, jika Anda menderita gendang telinga pecah, jangan menggunakan obat tetes telinga untuk tujuan apa pun sebelum berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Apabila rasa gatal tak kunjung berkurang setelah menggunakan obat tetes telinga, jangan ragu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.