Kekhawatiran akan tertular COVID-19 mungkin menyelimuti para pekerja yang hingga kini masih harus beraktivitas di luar rumah. Agar tetap aman berada di luar rumah atau di kantor, terapkanlah langkah pencegahan COVID-19 yang benar dan efektif.

Untuk menghentikan penyebaran virus Corona, pemerintah menyerukan agar masyarakat menerapkan physical distancing dan melakukan aktivitas dari rumah saja, termasuk bekerja. Namun, tidak sedikit orang yang masih harus bekerja di luar rumah, baik karena tuntutan profesi atau kebutuhan ekonomi keluarga.

Tetap Harus Bekerja di Luar Rumah Saat Pandemi COVID-19? Terapkan Ini agar Tidak Tertular - Alodokter

Cara Mencegah COVID-19 bagi Orang yang Bekerja di Luar Rumah

Kementerian Kesehatan Indonesia mengimbau para pekerja yang masih harus beraktivitas di luar rumah untuk selalu waspada dan menerapkan langkah pencegahan COVID-19.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan saat bekerja di luar rumah agar tidak terinfeksi virus Corona:

1. Selalu kenakan masker

Selalu kenakan masker saat berada di tempat umum, termasuk dalam perjalanan menuju tempat kerja atau pulang ke rumah, dan selama berada di tempat kerja.

Kamu cukup menggunakan masker kain untuk aktivitas sehari-hari di luar rumah. Pilihlah masker yang ukurannya pas dengan wajahmu, serta dapat menutup mulut, hidung, dan dagu dengan sempurna.

Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap dan tabir surya agar kulitmu tidak teriritasi dan meradang akibat terlalu lama mengenakan masker. Ini penting untuk mencegah timbulnya jerawat akibat masker atau yang sekarang sering disebut dengan maskne. Setelah pulang dan mandi, jangan lupa pula untuk membersihkan wajahmu secara menyeluruh.

2. Hindari menyentuh benda-benda di tempat umum

Sebisa mungkin hindari menyentuh benda-benda yang banyak disentuh orang, misalnya tombol lift, gagang pintu, atau mesin finger print.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan siku atau pulpen saat menekan tombol lift. Kamu juga bisa membuka pintu menggunakan siku atau bahu, bukan dengan tangan.

Selain itu, rajin-rajinlah membersihkan meja kerja dan peralatan kantor yang sering kamu pakai, seperti keyboard, mouse, dan handphone, menggunakan cairan disinfektan.

3. Jaga kebersihan diri dengan baik

Bawa selalu hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol, sehingga dapat kamu gunakan untuk membersihkan tangan dalam perjalanan bila tidak ada sarana cuci tangan. Sesampainya di kantor, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Selama bekerja pun, cucilah tangan atau gunakan hand sanitizer sesering mungkin, setidaknya setiap 4 jam. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan setelah menyentuh peralatan kantor yang sering digunakan bersama-sama, misalnya mesin fotokopi.

4. Jaga jarak dengan rekan kerja

Pastikan kamu menerapkan physical distancing, yaitu menjaga jarak dengan orang lain sejauh 1–2 meter, baik dalam perjalanan maupun di tempat kerja. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegahmu menghirup percikan ludah orang lain saat mereka bicara, batuk, atau bersin.

5. Gunakan kendaraan pribadi bila memungkinkan

Di masa pandemi COVID-19 ini, sebisa mungkin gunakan kendaraan pribadi dan hindari bepergian dengan commuter line, busway, atau transportasi umum lainnya yang padat penumpang. Berada di tengah kerumunan orang banyak bisa meningkatkan risikomu tertular virus Corona.

Bila kamu harus naik kendaraan umum, lindungi diri dengan mengenakan masker kain dan tetap menjaga jarak dengan orang lain. Gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan setelah menyentuh benda-benda di angkutan umum dan jangan menyentuh wajah sebelum tangan dibersihkan.

Sesampainya di rumah, segera lepaskan pakaian yang kamu kenakan dan taruh di tempat baju kotor. Setelah itu, langsung mandi dan kenakan pakaian yang bersih. Pastikan kamu tidak bersentuhan dengan orang-orang yang ada di rumah, sebelum kamu mandi dan berganti pakaian.

Cuci pakaian dan masker kain menggunakan deterjen. Jika dirasa perlu, kamu juga bisa membersihkan tas, sepatu, atau handphone dengan disinfektan.

Hal penting yang juga tidak boleh kamu lupakan adalah menjaga daya tahan tubuh tetap prima dengan mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, rutin berolahraga, serta menghindari stres.

Meski masih harus bekerja di luar rumah selama pandemi ini, kamu tetap bisa menjaga dirimu dari virus Corona, kok. Terapkan langkah-langkah di atas agar kamu tidak tertular atau menularkan virus ini ke orang lain. Dengan begitu, penyebaran COVID-19 dapat dihentikan.

Jika kamu sedang merasa kurang sehat, sebaiknya jangan dulu pergi ke kantor atau bekerja di luar rumah. Bila kamu merasakan gejala COVID-19, segara lakukan isolasi mandiri dan hubungi hotline COVID-19 di 119 Ext. 9 untuk mendapatkan arahan lebih lanjut.

Apabila ada pertanyaan terkait COVID-19 atau masalah kesehatan lainnya, kamu bisa chat dokter langsung di aplikasi ALODOKTER. Kamu juga bisa membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi ini.