Minum teh saat hamil sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, Bumil harus menerapkan tips aman mengonsumsi teh saat hamil agar terhindar dari efek samping yang mungkin membahayakan kesehatan. Ingin tahu seperti apa tipsnya? Simak artikel berikut!

Sebagian ibu hamil suka mengonsumsi teh karena merasa bahwa morning sickness yang dialaminya teredakan setelah minum teh.

Tips Aman Minum Teh untuk Ibu Hamil - Alodokter

Mengonsumsi teh saat hamil sebenarnya aman selama dikonsumsi secukupnya. Pasalnya, seperti halnya kopi, teh juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan risiko gangguan kehamilan bila dikonsumsi terlalu banyak.

Tips Aman Mengonsumsi Teh

Agar keamanan mengonsumsi teh saat hamil tetap terjaga, ada beberapa hal yang perlu Bumil perhatikan, yaitu:

1. Mengolah teh dengan cara yang tepat

Jika Bumil ingin mengonsumsi minuman dari daun teh, pastikan Bumil telah mengurangi kandungan kafeinnya terlebih dahulu, ya. Caranya dengan merendam daun teh selama 25 detik. Setelah itu, saring dan diamkan dulu teh selama 30 detik sebelum diminum.

2. Membatasi jumlah konsumsi

Bumil dianjurkan membatasi jumlah konsumsi teh, tidak lebih dari 200 mg atau sekitar dua mug teh per hari. Ini penting dilakukan karena teh termasuk dalam minuman berkafein, sehingga konsumsinya juga perlu dibatasi.

Jika Bumil mengonsumsi kafein secara berlebihan, risiko untuk terjadinya keguguran, bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan gangguan kesehatan lain di kemudian hari bisa meningkat.

3. Mengosumsi teh herbal

Sebagai alternatif, Bumil bisa mengonsumsi teh herbal. Teh herbal tidak terbuat dari daun teh yang mengandung kafein, melainkan dari tumbuhan atau buah-buahan, seperti daun mint, lemon, rasberi, atau jahe sehingga diyakini lebih aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Pilihan Teh Herbal yang Bisa Dikonsumsi Ibu Hamil

Selain tidak mengandung kafein, kenikmatan teh herbal tidak kalah dengan minuman yang berasal dari daun teh, lho. Apalagi jika Bumil memasukkan potongan lemon, apel, dan jeruk ke dalam teh herbal yang dikonsumsi.

Beberapa teh herbal yang aman untuk diminum dan bisa membawa manfaat untuk ibu hamil adalah:

Teh jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang dianggap aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Konsumsi teh jahe selama kehamilan mampu membantu mengurangi rasa mual.

Jika Bumil mengonsumsi teh jahe, pastikan jumlah jahe tidak lebih dari 1500 mg per hari. Hal ini karena mengonsumsi jahe dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan risiko keguguran.

Teh daun mint

Konsumsi 1 cangkir teh daun mint saat hamil dianggap aman. Meski demikian, Bumil disarankan untuk menghindari konsumsi teh ini hingga kehamilan menginjak trimester kedua.

Teh rasberi

Teh rasberi berkhasiat untuk mengurangi rasa mual, meredakan rasa sakit selama proses persalinan, dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi dalam kehamilan, seperti preeklamsia dan kelahiran prematur. Namun, teh rasberi hanya aman untuk dikonsumsi pada trimester kedua dan ketiga.

Meskipun teh herbal relatif aman dikonsumsi, ada beberapa jenisnya yang sebaiknya Bumil batasi atau hindari, karena dikhawatirkan dapat mengganggu kehamilan. Di antaranya adalah teh chamomile, teh dandelion, dan teh pennyroyal.

Itulah tips aman minum teh saat hamil. Ingat, konsumsi teh saat hamil boleh-boleh saja, namun batasi dengan bijak. Bila Bumil ingin mengetahui lebih lanjut tentang keamanan minum teh saat hamil, coba konsultasikan ke dokter kandungan.