Sepatu high heels kerap digunakan untuk mendapatkan bentuk kaki yang tampak jenjang. Meski demikian, penggunaan high heels yang terlalu lama atau terlalu tinggi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Nah, ada beberapa tips yang dapat Anda coba agar lebih nyaman menggunakan high heels.  

High heels atau sepatu dengan hak tinggi menjadi salah satu andalan wanita untuk menunjang penampilan dan tampil lebih percaya diri. Ada beragam jenis sepatu high heels, seperti stiletto, pump, dan wedge.

8 Tips Memakai Sepatu High Heels agar Lebih Nyaman - Alodokter

Meski membuat penampilan lebih menarik, penggunaan sepatu high heels dapat menimbulkan rasa kurang nyaman. Jika digunakan terlalu lama atau terlalu sering, high heels dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera kaki, nyeri tumit dan lutut, hingga kelainan bentuk kaki.

Tips Menggunakan Sepatu High Heels

Agar lebih nyaman dan mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan yang dapat terjadi, ada beberapa tips menggunakan high heels yang dapat Anda coba, di antaranya:

1. Pastikan ukuran sepatu sesuai dengan ukuran kaki

Ukuran sepatu yang sesuai merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan kenyamanan saat menggunakan alas kaki, termasuk high heels. Saat mengukur kaki, Anda sebaiknya tidak hanya menghitung panjang kaki, tetapi juga lebarnya.

Pengukuran pun sebaiknya dilakukan menjelang malam hari dengan posisi berdiri. Ukuran sepatu yang tidak sesuai, dapat menimbulkan rasa nyeri pada kaki dan tentunya tidak nyaman digunakan.

2. Pilihlah sepatu dengan hak tebal

Sepatu dengan hak yang lebih tebal, dapat menahan beban tubuh lebih merata. Kaki juga akan lebih stabil daripada menggunakan stiletto yang memiliki hak berukuran kecil dan tajam. Sepatu dengan hak tebal juga dapat mengurangi risiko terjadinya tendinitis.

3. Pilihlah ujung sepatu yang lebar

Hindari menggunakan sepatu high heels dengan ujung runcing atau terlalu sempit. Selain rentan menimbulkan rasa nyeri di bagian jari kaki, jenis sepatu ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera kaki bila digunakan terlalu lama.

4. Carilah sepatu yang berbahan lembut

Agar lebih nyaman, sebaiknya pilihlah sepatu high heels dengan bahan yang lembut dan lentur. Hindari menggunakan sepatu hak tinggi yang terbuat dari bahan kulit yang kaku.

5. Gunakan bantalan alas kaki

Untuk meningkatkan rasa nyaman saat menggunakan high heels, Anda bisa menambahkan bantalan tumit. Bantalan ini juga digunakan untuk mengurangi tekanan pada ujung jari kaki dan mencegah nyeri kaki ringan.

6. Pilihlah sepatu high heels dengan ujung terbuka

Sepatu jenis ini dapat mencegah nyeri dan mengurangi tekanan pada ujung jari kaki. Selain itu, high heels dengan ujung terbuka juga dapat mengurangi risiko munculnya tonjolan di pangkal ibu jari (bunion) atau kelingking jari kaki..

7. Perhatikan tinggi hak yang nyaman

Sepatu dengan hak terlalu tinggi dapat memaksa bagian ujung kaki untuk menopang bobot tubuh lebih berat. Sebaiknya pilihlah jenis sepatu high heels dengan ketinggian tidak lebih dari 5 cm untuk mencegah patah tulang karena posisi kaki yang tidak nyaman.

8. Perhatikan lekukan high heels

Sepatu dengan hak yang lebih rendah membuat posisi kaki mendekati posisi alami. Para ahli menyarankan penggunaan sepatu dengan hak tebal, sehingga dapat mencegah luka yang timbul ketika kaki menginjak tanah.

Meski sepatu high heels cocok digunakan untuk menunjang penampilan, sebaiknya hindari penggunaannya yang terlalu lama dan terlalu sering. Hal ini karena sepatu high heels dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan, seperti cedera otot, radang sendi, dan cedera pada kaki.

Jika Anda sering menggunakan sepatu high heels dan mengalami keluhan pada kaki, seperti nyeri pada sendi kaki, bentuk kaki berubah, atau kesulitan berjalan, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.