Vegeta Herbal adalah suplemen herbal yang bermanfaat untuk membantu melancarkan buang air besar. Kombinasi bahan herbal yang terkandung di dalam produk ini akan membantu melunakkan tinja sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Vegeta Herbal mengandung Plantago ovata atau psyllium yang merupakan sumber serat dan ekstrak senna yang memiliki efek laksatif atau pencahar. Kombinasi kedua bahan ini akan memudahkan pengeluaran tinja.

Vegeta herbal - Alodokter

Pada tiap kemasan Vegeta Herbal berukuran 5 gram mengandung sejumlah bahan, seperti:

  • 500 mg psyllium (Plantago ovata semini endosperm pulveratum)
  • 100 mg daun jati cina (Cassia sennae folium extract)
  • 60 mg ekstrak akar manis (Liquirittae radix extract)
  • 50 mg ekstrak buah adas (Foeniculi vulgare fructus extract)
  • 25 mg ekstrak akar kelembak (Rheum officinale radix extract)

Selain itu, Vegeta juga mengandung acesulfam K dan aspartam, sebagai bahan tambahan.

Apa Itu Vegeta Herbal

Bahan aktif Plantago ovata atau psyllium, daun jati cina, ekstrak akar manis, ekstrak buah adas, ekstrak akar kelembak.
Golongan Obat herbal
Kategori Obat pencahar
Manfaat Melancarkan buang air besar
Digunakan oleh Dewasa dan anak >12 tahun
Vegeta Herbal untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.Belum diketahui apakah psyllium dalam Vegeta Herbal dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, hindari mengonsumsi Vegeta Herbal.
Bentuk obat Serbuk minuman

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Vegeta Herbal

Vegeta Herbal tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan suplemen herbal ini, antara lain:

  • Jangan mengonsumsi Vegeta Herbal jika Anda alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam produk herbal ini.
  • Vegeta Herbal tidak boleh dikonsumsi oleh anak usia di bawah 12 tahun. Lakukan pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu jika Anak mengalami sembelit.
  • Vegeta Herbal tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, atau penderita gangguan enzim pankreas (exocrine pancreas insufficiency).
  • Vegeta Herbal mengandung psyllium, konsultasikan dengan dokter perihal penggunaannya jika Anda mengalami sumbatan usus, sulit menelan, radang usus, gejala usus buntu, atau konstipasi lebih dari 2 minggu.
  • Vegeta Herbal mengandung aspartam, konsultasikan dengan dokter jika Anda menderita diabetes atau fenilketonuria (PKU).
  • Jangan mengonsumsi Vegeta Herbal lebih dari 7 hari berturut-turut. Jika sembelit masih terus berlangsung, lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan terapi lanjutan.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang menggunakan obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis, setelah mengonsumsi Vegeta Herbal.

Dosis dan Aturan Pakai Vegeta Herbal

Untuk membantu melancarkan buang air besar, minum 1 bungkus Vegeta Herbal yang sudah di larutkan di dalam air, 1 kali sehari, sebelum tidur. Bila diperlukan, tingkatkan dosis menjadi 2 kali sehari.

Cara Menggunakan Vegeta Herbal dengan Benar

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat atau ikuti anjuran dokter selama mengonsumsi Vegeta Herbal. Jangan mengonsumsi Vergeta Herbal lebih banyak atau lebih sering dari yang dianjurkan.

Vegeta Herbal sebaiknya dikonsumsi setelah makan malam. Larutkan 1 saset serbuk Vegeta Herbal ke dalam segelas air putih atau sesuai dengan takaran yang dianjurkan pada label kemasan. Aduk larutan sampai merata, lalu segera minum.

Jangan mengonsumsi Vegeta Herbal tanpa dilarutkan ke dalam air terlebih dahulu atau ditelan ketika masih dalam bentuk serbuk, karena dapat menyebabkan tersedak.

Selama mengonsumsi Vegeta Herbal, minum air putih sedikitnya 8 gelas sehari. Jika Anda sedang menjalani pengobatan dengan obat lain, beri jeda 2­–3 jam sebelum mengonsumsi Vegeta Herbal.

Kebanyakan orang berpikir bahwa mengonsumsi obat herbal selalu aman karena kandungannya alami. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena tidak semua obat herbal telah melewati tahap pengujian seperti obat-obatan dari dokter. Oleh karena itu, efek samping dan interaksi obatnya juga belum diketahui secara pasti.

Untuk mengatasi sembelit, Anda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah. Mulailah secara perlahan dan tingkatkan asupan serat secara bertahap untuk membantu mengatasi sulit buang air besar. Jangan menunda buang air, bila sudah muncul keinginan untuk buang air besar, agar tinja tidak semakin keras.

Selain mencukupkan konsumsi makanan berserat, untuk membantu melancarkan buang air besar, Anda juga disarankan untuk melakukan olahraga ringan secara rutin, misalnya berjalan, bersepeda, atau berenang. Lakukan olahraga tersebut setidaknya 30 menit per hari, 5 hari dalam seminggu.

Interaksi Vegeta Herbal dengan Obat Lain

Belum ada penelitian yang menunjukkan interaksi antara Vegeta Herbal dengan obat-obatan lainnya. Namun, kandungan psyllium dalam Vegeta Herbal dapat menimbulkan interaksi jika digunakan bersama obat-obatan tertentu. Efek interaksi yang dapat terjadi adalah penurunan efektivitas sodium picosulfate atau metoclopramide.

Kandungan psyllium dalam Vegeta Herbal juga dapat menghambat penyerapan obat digoxin, warfarin, lithium, vitamin B12, atau mineral, seperti kalsium, zat besi, dan zinc.

Untuk mencegah efek interaksi, konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal, selama menjalani pengobatan dengan vegeta herbal.

Efek Samping dan Bahaya Vegeta Herbal

Efek samping yang bisa terjadi setelah penggunaan Vegeta Herbal adalah perut kembung, mual, kram perut, sakit perut, atau tinja yang menjadi sangat cair. Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung mereda atau semakin memberat.

Selain itu jika dikonsumsi melebihi aturan pakai yang dianjurkan, Vegeta Herbal bisa menyebabkan diare, hipokalemia, kekurangan elektrolit, atau kram perut. Segera ke dokter jika Anda mengalami gejala tersebut atau reaksi alergi obat.