Berbagai spekulasi bermunculan di tengah merebaknya wabah virus Corona. Salah satunya adalah virus ini dapat menular melalui barang impor China. Benarkah demikian? Jangan panik, simak faktanya di sini!

Virus Corona Dapat Menular Melalui Barang Impor China. Mitos atau Fakta? - Alodokter

Infeksi virus Corona atau COVID-19 adalah infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit yang telah memakan ribuan korban jiwa ini pertama kali terdeteksi di kota Wuhan, China.

Virus Corona Dapat Menular Melalui Barang Impor China. Mitos atau Fakta? - Alodokter

Virus Corona dapat menular antarmanusia melalui percikan air liur penderita COVID-19 saat bersin atau batuk. Selain itu, virus Corona juga bisa masuk ke dalam tubuh seseorang jika orang tersebut menyentuh barang yang sudah terkontaminasi virus ini lalu makan dengan tangan, menyentuh hidung dan mulut, atau mengucek mata tanpa mencuci tangannya terlebih dahulu.

Bisakah Virus Corona Menular Melalui Barang Impor China?

Barang impor China sudah lama menjadi barang dagangan yang digemari masyarakat Indonesia. Alasannya adalah karena barang-barang tersebut biasanya memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang cukup miring. Selain itu, biaya pengiriman barang dari China pun sangat terjangkau.

Namun, semenjak virus Corona menghantui masyarakat Indonesia, banyak orang yang jadi ragu untuk membeli barang dari negara Tirai Bambu tersebut. Mereka khawatir peralatan elektronik, pakaian, mainan, atau barang-barang lain yang diimpor dari China membawa virus Corona masuk ke Indonesia. Padahal, kenyataannya tidak demikian, lho.

Virus Corona memang dapat bertahan hidup pada permukaan benda selama beberapa jam atau hari, tergantung pada jenis permukaan, suhu, dan kelembapan benda tersebut. Kecil kemungkinan virus bisa tetap bertahan di permukaan barang yang telah melewati berbagai kondisi selama pengiriman dari China.

Di tambah lagi, hingga saat ini tidak ada laporan kasus COVID-19 yang penularannya berasal dari barang impor China. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi jika hendak membeli barang dari China atau negara-negara lain yang sudah terjangkit virus Corona.

Supaya yakin barang yang kamu beli terbebas dari virus, kamu bisa membersihkannya dengan larutan antiseptik atau alkohol terlebih dahulu. Sewaktu membersihkannya, jangan lupa gunakan sarung tangan, ya. Selain itu, sebisa mungkin bersihkan barang tersebut di ruangan yang terbuka.

Segera cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun setelah menyentuh barang yang belum dibersihkan. Kamu juga bisa menyemprotkan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% supaya tanganmu bersih dan terbebas dari virus.

Di tengah mewabahnya virus Corona ini, kita memang perlu meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya dengan menggali informasi terkait virus ini. Namun, saat menerima sebuah informasi yang menakutkan, jangan langsung panik dan ikut menyebarkan informasi yang belum tentu benar itu. Tetaplah bersikap kritis dan bijak dalam memilah informasi, ya.

Carilah informasi dari sumber yang terpercaya dan tetap terapkan langkah pencegahan dasar terhadap virus Corona, yaitu mencuci tangan dengan benar, mengenakan masker bila sedang sakit, dan menjaga daya tahan tubuh.

Bila kamu ingin memastikan kebenaran sebuah informasi, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter secara langsung atau melalui chat di aplikasi Alodokter. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter bila kamu merasakan gejala tertentu, sekaligus membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit.