Saat hamil, tubuh ibu hamil umumnya akan mengalami berbagai perubahan yang dipengaruhi oleh hormon. Hal ini juga bisa membuat gairah seks menurun saat hamil. Namun, Bumil tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan gairah seks saat hamil.  

Ibu hamil umumnya perlu beradaptasi dengan berbagai perubahan pada masa kehamilan, seperti payudara dan perut yang membesar. Tak hanya perubahan fisik, perubahan hormon yang terjadi saat hamil juga bisa memengaruhi kondisi psikologis ibu hamil.

Yuk, Cari Tahu Alasan dan Cara Mengatasi Gairah Seks Menurun Saat Hamil - Alodokter

Berbagai perubahan yang dialami dan perasaan cemas, stres, atau khawatir yang ibu hamil mungkin rasakan selama mengandung, ternyata dapat membuat gairah seks menurun saat hamil.

Berbagai Kemungkinan Penyebab Gairah Seks Menurun Saat Hamil

Penyebab gairah seks menurun saat hamil bisa disebabkan oleh faktor fisik maupun psikis, seperti:

Tidak percaya diri

Seiring bertambahnya usia kehamilan, bentuk tubuh ibu hamil akan berubah. Perubahan ini dapat membuat ibu hamil merasa kurang menarik dan menganggap tidak mampu memberikan kepuasan kepada suami.

Jika Bumil merasa kurang percaya diri karena bentuk tubuh yang berubah saat hamil, cobalah untuk berpikir positif dan ingatkan diri bahwa bentuk tubuh Bumil bisa kembali normal setelah melahirkan nantinya.

Kelelahan

Selama mengandung, ibu hamil mungkin akan merasa lebih sering mual dan muntah, sehingga membuat tubuh menjadi lemas atau kelelahan. Kondisi tersebut bisa membuat ibu hamil memilih untuk lebih banyak beristirahat dibandingkan berhubungan seksual.

Untungnya, keluhan mual dan muntah biasanya akan mereda setelah kehamilan memasuki trimester kedua. Dengan demikian, ibu hamil akan kembali berenergi, demikian pula dengan gairah seks.

Beberapa studi menyebutkan bahwa banyak ibu hamil yang mengalami peningkatan gairah seksual dan merasa lebih puas saat berhubungan intim pada trimester kedua. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh perubahan hormon kehamilan yang membuat libido ibu hamil meningkat dan membuat vagina cenderung lebih basah dan sensitif.

Khawatir dengan keselamatan janin

Keberadaan janin di dalam perut dapat membuat ibu hamil merasa was-was dan lebih berhati-hati untuk melakukan hubungan seks. Akibatnya, gairah seks dapat menurun saat hamil. Padahal, selama kehamilan dinyatakan sehat, hubungan seks tetap aman dilakukan.

Tips Meningkatkan Gairah Seks Saat Hamil

Agar hubungan Bumil dengan pasangan tetap harmonis, meningkatkan gairah seks saat hamil bisa dilakukan dengan banyak cara, di antaranya:

1. Jangan takut melukai janin

Melakukan hubungan seksual saat hamil tidak akan menyebabkan keguguran atau memicu kelahiran prematur. Di dalam tubuh ibu hamil, janin dilindungi oleh rahim serta kantung dan cairan ketuban. Jika kandungan dalam kondisi sehat, ibu hamil dapat berhubungan seks dengan aman tanpa menyebabkan masalah bagi janin.

Namun, jika ibu hamil mengalami masalah pada kehamilan, dokter mungkin akan merekomendasikan agar menunda atau tidak melakukan hubungan seks untuk sementara waktu.

2. Cukupi waktu tidur

Kehamilan bisa membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk perbanyak istirahat dan mencukupi waktu tidur selama kurang lebih 8 jam setiap malamnya. Jika tubuh terasa lelah, gairah seks pun akan menurun.

3. Lakukan hubungan seks dengan posisi yang aman

Pilihlah posisi seks saat hamil yang aman tanpa mengundang risiko, seperti side-to-side atau woman on top. Kedua posisi tersebut tidak memberikan tekanan tambahan pada perut ibu hamil.

Ketika berhubungan seks saat hamil, penting bagi ibu hamil dan pasangan untuk melakukannya dengan nyaman, tanpa merasa khawatir, dan dalam posisi yang aman.

4. Jaga selalu komunikasi dan keintiman dengan pasangan

Jika ibu hamil merasa kurang tertarik untuk berhubungan seksual, cobalah untuk tetap menjalin keintiman dengan pasangan, misalnya dengan saling memijat, membelai, berpelukan, atau berciuman. Hal ini mungkin akan membantu meningkatkan kembali gairah seks.

5. Lakukan olahraga secara teratur dan konsumsi makanan bernutrisi

Agar kondisi kehamilan tetap sehat, Bumil dianjurkan untuk konsumsi makanan bernutrisi dan rutin berolahraga. Aktivitas tersebut juga dapat meningkatkan energi dan kepercayaan diri Bumil. Namun, hal ini tentunya dilakukan setelah Bumil berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Gairah seks menurun saat hamil memang umum terjadi. Namun, jika penurunan libido dianggap telah mengganggu keharmonisan Bumil dan pasangan, Bumil bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat.