Asam Borat

Pengertian Asam Borat

Asam borat adalah suatu senyawa yang memiliki efek antikuman ringan untuk melawan infeksi akibat bakteri atau jamur. Obat ini juga bisa digunakan sebagai antiseptik untuk mengatasi luka kecil, seperti luka teriris dan luka bakar ringan, mengatasi alkalinitas berlebih atau tingkat keasaman pada vagina yang diakibatkan oleh bakteri, serta infeksi jamur pada vagina.

asam borat - Alodokter

Selain itu, asam borat juga bisa mengatasi jerawat. Asam borat juga ditemukan dalam obat tetes mata dan berguna untuk meredakan iritasi mata, mengairi atau sebagai pembasuh mata, dan membantu menyingkirkan polutan yang mengotori mata, seperti klorin, kabut asap, atau zat kimia lainnya.

Tentang Asam Borat

Golongan Antiseptik
Kategori Obat bebas
Manfaat
  • Meredakan iritasi mata
  • Mengurangi tingkat keasaman pada vagina
  • Mengatasi jerawat
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Bentuk Obat tetes mata, obat gel
Asam borat tersedia dalam berbagai merek dan bisa dibeli secara bebas di apotek.

Peringatan:

  • Bagi anak-anak, wanita hamil dan menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter.
  • Asam borat hanya merupakan obat luar dan tidak untuk diminum.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Asam Borat

Dosis asam borat tergantung kepada tujuan pemakaian dan kosentrasi merek obat yang digunakan. Baca kemasan untuk mengetahui dosis dan cara pemakaian asam borat. Jika ragu, konsultasikan kepada dokter.

Menggunakan Asam Borat dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan asam borat sebelum mulai menggunakannya.

Penggunaan asam borat untuk mengatasi jerawat tidak boleh lebih dari tiga kali dalam sehari dan hindari area sekitar mata. Sedangkan penggunaan asam borat dalam obat tetes mata hanya untuk mata dan jangan menggunakannya saat memakai kontak lensa karena bisa menyebabkan kerusakan warna pada kontak lensa. Kontak lensa baru bisa digunakan kembali 15 menit setelah menggunakan obat tetes yang mengandung asam borat.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Asam Borat

Sama seperti obat-obatan lainnya, asam borat berpotensi menyebabkan efek samping. Tapi seiring dengan penyesuaian tubuh dengan obat, efek samping umumnya akan mereda. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang umum terjadi.
  • Mata merah dan berair
  • Rasa perih
Jika penyakit atau gejala yang diderita tidak kunjung mereda, segera temui dokter untuk penanganan lebih lanjut.