Cara dan Manfaat Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Benang gigi merupakan solusi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Membiasakan diri menyikat gigi dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan gigi bisa membantu mengurangi risiko bau mulut, sakit gigi, dan penyakit periodontal.

Menyikat gigi dua kali dalam sehari hanyalah sebagian dari cara menjaga gigi tetap bersih dan sehat. Mengapa demikian? Karena usai menyikat gigi, sebenarnya masih ada sisa-sisa makanan terselip pada sela-sela gigi sebagaimana bulu sikat belum tentu mampu menggapai sudut-sudut di antara gigi. Maka dari itu, lengkapi upaya membersihkan gigi Anda menggunakan benang gigi.

cara dan manfaat membersihkan gigi dengan benang gigi - alodokter

Meski mampu membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi, penggunaan benang gigi juga diharuskan mengikuti beberapa aturan. Cara yang salah, dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada gusi yang disebut dengan gingiva. Adapun cara yang benar dalam menggunakan benang gigi adalah:

  • Ambil benang gigi sepanjang 45 cm dan lilitkan sebagian besar kedua ujung benang pada kedua jari tengah Anda.
  • Pegang erat sisa benang gigi dengan ibu jari dan jari telunjuk.
  • Mulailah selipkan secara perlahan-lahan benang gigi pada sela-sela gigi.
  • Gesekkan benang gigi membentuk pola huruf C pada sela-sela gigi dan gusi.
  • Gerakkan benang naik dan turun secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi.
  • Terapkan hal yang sama pada sela-sela gigi yang lain.

Manfaat Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Setidaknya ada lebih dari 500 jenis bakteri yang terdapat di dalam mulut. Karena itu, penting untuk membiasakan diri menyikat gigi dan membersihkan gigi menggunakan benang gigi secara teratur agar tidak ada lagi sisa makanan dan bakteri yang tertinggal.  Adapun manfaat menyikat gigi dan benang gigi bagi kesehatan gigi dan gusi adalah:

  • Mampu mencegah pembentukan plak pada gigi

Karena mampu membersihkan sisa makanan, plak, dan bakteri pada sela gigi, maka gigi menjadi lebih bersih. Rutin menggunakan benang gigi juga mampu mencegah pembentukan karang gigi.

  • Mencegah bau mulut, sakit gigi, dan penyakit periodontal

Penggunaan benang gigi juga mampu mengurangi terjadinya pembentukan plak pada gigi. Hal ini berarti mendukung pencegahan terjadinya bau mulut, kerusakan gigi, dan penyakit gusi (periodontal).

  • Murah dan memberikan manfaat

Benang gigi dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau dan mudah untuk ditemukan di apotek atau supermarket. Penggunaannya pun tanpa disertai rasa sakit berlebihan selama digunakan dengan perlahan-lahan dan mengikuti cara pakai yang dianjurkan.

Benang gigi bermanfaat dalam membersihkan sisa makanan yang menempel pada sela gigi yang tidak dapat digapai saat menyikat gigi. Saat menggunakan benang gigi, mungkin gusi Anda akan mengalami sedikit pendarahan. Anda tak perlu khawatir, gusi berdarah adalah bukti bahwa gusi teriritasi akibat plak yang memang seharusnya dibersihkan. Namun, jika masih terus berdarah selama beberapa hari, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sekaligus mengantisipasi terjadinya sakit gigi.