Cara Mencegah Penyakit Ginjal dengan Langkah Sederhana

Ginjal merupakan organ penting yang berfungsi menyaring darah dan membuang kelebihan air. Pastikan ginjal Anda selalu bekerja dengan baik dengan mempraktikkan cara-cara sederhana berikut ini.

Ketika ginjal tidak bekerja dengan baik, zat-zat sisa dan racun tidak dapat dibuang dan akan menumpuk dalam tubuh. Akibatnya, kita jadi tidak enak badan, berat badan naik, susah bernapas, tangan dan kaki juga bisa membengkak karena cairan tidak dapat dikeluarkan dari tubuh. Agar ginjal selalu sehat, yuk, ikuti berbagai cara berikut ini untuk mencegah penyakit ginjal.

Cara Mencegah Penyakit Ginjal dengan Langkah Sederhana - alodokter

Banyak minum air putih

Cara mencegah penyakit ginjal yang pertama adalah dengan banyak minum air putih. Jangan khawatir kalau Anda jadi sering buang air kecil, karena itu justru cara tubuh untuk membuang zat sisa dan racun, sebelum zat-zat tersebut mengendap dan menjadi batu ginjal. Sumbatan karena batu ginjal bisa menimbulkan nyeri yang menyiksa, selain juga mengakibatkan gangguan lainnya pada ginjal.

Batasi makanan tertentu

Beberapa bahan kimia yang ada dalam makanan bisa menjadi pemicu timbulnya batu ginjal, misalnya bahan makanan yang mengandung oksalat, seperti cokelat, seledri, gandum, kacang-kacangan, olahan kedelai. Protein hewani, seperti daging ayam dan sapi, juga bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi makanan yang mengandung zat-zat tersebut untuk mencegah batu ginjal terbentuk. Ingat, Anda perlu membatasi, bukan berarti harus menghindari. Karena banyak dari makanan tersebut yang kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Batasi konsumsi dan penggunaan garam

Cara mencegah penyakit ginjal selanjutnya adalah dengan membatasi garam. Mengonsumsi terlalu banyak garam bisa meningkatkan tekanan darah yang pada akhirnya akan menyebabkan gangguan pada organ-organ tubuh, termasuk ginjal.

Berhenti merokok

Salah satu dari sekian banyak kerusakan yang dapat disebabkan oleh rokok adalah kerusakan pada organ ginjal.

Mengendalikan gula darah dan tekanan darah

Diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan dua musuh terbesar bagi ginjal kita. Tekanan darah dan kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil yang ada di ginjal dan juga di bagian tubuh lain. Jadi, jika Anda punya penyakit diabetes dan/atau hipertensi, jaga selalu kadar gula darah dan tekanan darah Anda agar jangan sampai mengganggu kerja ginjal. Caranya dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, melalui olahraga dan makanan, serta mengonsumsi obat secara rutin sesuai anjuran dokter.

Rutin memeriksakan diri ke dokter

Apabila Anda menderita penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, atau memiliki riwayat penyakit ginjal dalam keluarga, maka risiko Anda terserang penyakit ginjal menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk rutin memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit guna memantau kondisi dan fungsi ginjal Anda. Pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah pengukuran tekanan darah, pegecekan gula darah, serta pemeriksaan darah dan urine untuk untuk menilai keadaan ginjal. Dengan pemeriksaan kesehatan yang rutin, masalah pada ginjal bisa ditemukan lebih awal dan diobati lebih cepat.

Yuk, sayangi ginjal Anda mulai dari sekarang dengan selalu mempraktikkan gaya hidup sehat sebagai cara terbaik untuk mencegah penyakit ginjal dan menjaga agar ginjal tetap sehat.