Menjaga kesehatan ginjal dapat dikatakan sama dengan menjaga kesehatan seluruh tubuh. Hal ini karena kerusakan pada ginjal bisa memengaruhi fungsi organ dan sistem organ lain dalam tubuh, sehingga bisa memicu masalah kesehatan yang berdampak pada kondisi tubuh secara keseluruhan.

Kesehatan ginjal penting untuk selalu dijaga karena ginjal memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh manusia. Fungsi ginjal adalah menyaring dan membuang limbah sisa metabolisme dalam tubuh, seperti kelebihan garam dan urea.

Kesehatan Ginjal dan Gangguan yang Bisa Terjadi - AlodokterSelain sebagai penyaring bagi tubuh, ginjal juga memiliki fungsi lain, seperti menjaga keseimbangan kadar air dan elektrolit, mengatur produksi sel darah merah, menjaga tekanan darah, serta mengatur keseimbangan asam basa atau pH dalam tubuh.

Jika ginjal mengalami gangguan, akan terjadi penumpukan cairan, limbah, dan racun di dalam tubuh yang bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada ginjal.

Beragam Gangguan Kesehatan Ginjal

Kesehatan dan fungsi ginjal yang tidak terjaga bisa memicu berbagai penyakit pada organ ginjal. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat muncul:

1. Penyakit batu ginjal

Penyakit batu ginjal kerap mengganggu fungsi dan kesehatan ginjal. Penyakit ini disebabkan oleh pengendapan zat kimia, seperti kalsium dan fosfor, dalam urine yang akhirnya membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Batu ginjal yang masih berukuran kecil biasanya tidak menimbulkan gejala tertentu.

Namun, jika ukurannya sudah besar dan menghambat aliran urine pada saluran kemih, dapat menimbulkan nyeri saat buang air kecil.

2. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal atau pielonefritis umumnya disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk ke ginjal melalui saluran kemih. Kondisi ini lebih rentan terjadi pada penderita infeksi saluran kemih (ISK). Pielonefritis bisa menyebabkan munculnya darah atau nanah pada urine.

3. Penyakit ginjal polikistik

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kelainan genetik atau keturunan yang ditandai dengan adanya pertumbuhan banyak kantong berisi cairan dalam ginjal. Penyakit ginjal polikistik bisa mengganggu kesehatan ginjal dan menyebabkan penyakit gagal ginjal.

4. Glomerulonefritis

Gangguan kesehatan pada organ ginjal berikutnya adalah glomerulonefritis. Kondisi ini diakibatkan oleh peradangan di glomerulus, yaitu struktur yang berperan sebagai penyaring dalam ginjal.

Umumnya, glomerulonefritis disebabkan oleh infeksi, kelainan bawaan sejak lahir, atau konsumsi obat-obatan tertentu. Penyakit autoimun, seperti lupus, juga bisa menyebabkan kondisi ini.

5. Gagal ginjal

Gagal ginjal secara umum dibagi menjadi 2 macam, yaitu akut dan kronis. Gagal ginjal akut dapat disebabkan oleh dehidrasi, efek samping obat, atau perdarahan sehingga aliran darah menuju ginjal terganggu.

Sementara itu, gagal ginjal kronis biasanya disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal yang sudah terjadi selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Agar kesehatan ginjal tetap terjaga dan terbebas dari berbagai penyakit di atas, Anda perlu memperbanyak konsumsi air putih, menghindari konsumsi obat-obatan tanpa rekomendasi dokter, serta menjalani gaya hidup dan pola makan sehat.

Selain itu, jika Anda berisiko terkena penyakit ginjal, misalnya memiliki riwayat penyakit ginjal dalam keluarga atau menderita penyakit yang dapat menganggu fungsi ginjal, misalnya diabetes atau tekanan darah tinggi, Anda perlu lebih waspada dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Perhatikan pula gejala yang bisa menjadi tanda adanya gangguan pada ginjal, seperti penurunan volume urine, perubahan warna urine misalnya menjadi keruh atau disertai darah, tungkai atau pergelangan kaki bengkak, dan nyeri punggung.

Jika Anda merasakan gejala-gejala gangguan kesehatan ginjal seperti di atas, segeralah periksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat.