Fungsi Vitamin Berikut Krusial untuk Bayi

Beberapa vitamin bersifat krusial dalam menemani pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sayangnya, fungsi vitamin bagi bayi menjadi salah satu problem yang sering diabaikan para orang tua.

Makanan bayi yang diberikan secara monoton berpotensi membuat asupan vitamin bayi menjadi tidak optimal. Di luar itu, ada beberapa keadaan ketika bayi membutuhkan suplemen vitamin.

fungsi vitamin berikut krusial untuk bayi - alodokter

Sebelum membahas keadaan apa saja yang membutuhkan suplementasi vitamin, berikut beberapa fungsi vitamin yang sebaiknya diketahui.

Vitamin A

Salah satu vitamin yang tidak boleh absen dalam masa perkembangan dan pertumbuhan bayi adalah vitamin A. Salah satu fungsi penting dari vitamin ini adalah mendukung kualitas penglihatan bayi. Selain itu, vitamin A memainkan peranan penting dalam pertumbuhan tulang dan melindungi tubuh dari infeksi.

Fungsi penting lain dari vitamin A adalah mempromosikan kesehatan dan pertumbuhan sel-sel dan jaringan tubuh bayi. Tanpa asupan yang cukup akan vitamin ini, rambut, kuku, dan kulit bayi dapat mengalami masalah.

Vitamin B

Kelompok vitamin B dibutuhkan kulit karena memiliki fungsi, antara lain untuk membantu produksi energi dan produksi sel darah merah. Jangan salah paham dengan anggapan bahwa fungsi vitamin B adalah menyediakan energi bagi tubuh.

Sejatinya, fungsi vitamin B kompleks ini adalah membantu tubuh memakai bahan bakar untuk diubah menjadi energi yang diperlukan tubuh. Fungsi lain dari vitamin ini adalah membantu sel-sel tubuh mereproduksi DNA baru.

Vitamin C

Fungsi vitamin C tidak kalah pentingnya dalam menemani tumbuh kembang bayi Anda. Vitamin ini memiliki peran vital dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel darah merah, tulang, dan jaringan tubuh. Selain itu, vitamin C membuat gusi anak tetap terjaga kesehatannya.

Fungsi lain yang tidak kalah pentingnya dari vitamin C adalah memperkuat pembuluh darah anak serta meminimalkan memar yang diakibatkan oleh jatuh atau tergesek. Membantu proses penyembuhan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah tubuh bayi terjangkit infeksi adalah fungsi lain dari vitamin C. Jangan lupakan juga bahwa fungsi vitamin ini dapat membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan.

Vitamin D

Vitamin lain yang memiliki fungsi penting bagi tubuh bayi adalah vitamin D. Fungsi vitamin D yang penting, antara lain membantu tubuh mengatur jumlah kalsium dan fosfat. Kedua nutrisi tersebut sangat vital dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi bayi Anda.

Vitamin K

Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah. Tanpa vitamin ini, luka yang kecil sekalipun dapat terus mengeluarkan darah sehingga susah untuk sembuh. Jika anak-anak dan orang dewasa mendapatkan vitamin ini dari bakteri dalam usus dan makanan, maka bayi mendapatkannya secara alami dari dalam tubuh mereka dan dari ASI. Meski demikian, jumlah vitamin K dalam tubuh bayi masih rendah karena usus mereka belum memiliki bakteri untuk membentuknya. Untuk itu, pada setiap bayi yang lahir biasanya akan diberikan suntikan vitamin K.

Kapan Bayi Butuh Suplementasi Vitamin?

Umumnya bayi sudah mendapatkan aneka zat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka dari ASI atau susu formula. Hal ini terutama ketika mereka berusia 4-6 bulan pertama. Setelah usia tersebut, bayi akan mendapatkan diet makanan yang berbeda mulai dari makanan cair hingga lebih padat.

Bayi usia 4-6 bulan yang konsumsi ASI atau susu formula kurang atau 0,95 liter per hari disarankan diberi suplemen vitamin D. Saat bayi sudah diberi makanan pendamping ASI, maka dokter biasanya tidak menyarankan pemberian suplemen vitamin.

Pemberian suplemen vitamin mungkin diperlukan pada bayi yang lahir prematur, lahir dengan berat badan rendah, atau memiliki ukuran kecil saat dalam kandungan. Selain itu, bayi yang memiliki masalah kronis sehingga memengaruhi nafsu makannya juga disarankan diberi suplemen vitamin. Hanya saja, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan memberikan suplemen vitamin bagi bayi.

Memahami lebih baik fungsi vitamin dan kapan bayi membutuhkan suplemen  membuat kita lebih mengerti bagaimana caranya mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.