Ibu Hamil, Mari Santai Berendam di Larutan Garam Epsom

Garam epsom bisa dikatakan sebagai teman para ibu hamil. Selama berabad-abad, garam epsom telah digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kehamilan, misalnya saja untuk meringankan nyeri. Ibu hamil dapat berendam di dalam larutan garam epsom untuk meredakan sakit otot serta masalah lainnya yang umum melanda ibu hamil. Garam epsom sendiri adalah mineral magnesium sulfat, berbeda dengan garam yang kita gunakan untuk memasak atau dibubuhi pada makanan. Dinamakan garam karena bentuknya kristal putih menyerupai garam dapur.

Hingga kini memang belum banyak penelitian yang membuktikan manfaat berendam di dalam larutan garam epsom sehingga kegunaannya masih membutuhkan penelitian lebih mendalam. Meski demikian, sebagian dokter berpendapat bahwa berendam dengan larutan garam epsom dianggap aman untuk ibu hamil, terlepas dari seberapa besar manfaatnya yang belum terukur secara ilmiah.

Ibu Hamil Mari Santai Berendam di Larutan Garam Epsom - Alodokter

Bunda, berikut adalah beberapa kemungkinan manfaat berendam di dalam larutan garam epsom.

  • Menenangkan kulit yang merenggang

Seiring kandungan yang membesar dan bobot tubuh yang bertambah, kulit ibu hamil mengalami perenggangan. Banyak ibu hamil yang merasakan bahwa mandi dengan garam epsom dapat membantu menenangkan kulit yang merenggang tersebut. Mandi air garam epsom juga diyakini dapat mempercepat pemulihan kulit yang tersengat sinar matahari ringan, memar, ataupun kulit yang teriris serpihan pecahan kaca atau benda tajam lainnya.

  • Mengurangi stres berlebihan

Berendam di dalam larutan garam epsom, bagi banyak wanita hamil, dirasa dapat menenangkan jiwa. Oleh karena itu, sebagian besar orang percaya bahwa mandi dengan air larutan garam epsom merupakan pereda stres alami.

  • Membantu masalah pencernaan

Mandi air garam epsom juga diyakini dapat mengurangi kembung yang membuat ibu hamil tidak nyaman dan membantu penyerapan cairan di dalam tubuh. Kandungan magnesium sulfat dipercaya dapat membantu kerja pencernaan.

  • Meringankan nyeri otot

Ibu hamil kerap mengalami nyeri otot, nyeri punggung, serta kram kaki. Sebagian ibu hamil merasa bahwa mandi air garam epsom membantu meredakan masalah-masalah tersebut. Magnesium sulfat juga diyakini dapat diandalkan untuk membantu mengatasi nyeri keseleo.

  • Meredakan kelelahan

Orang-orang juga menggunakan air garam epsom untuk merendam kaki yang bengkak, membantu memberikan kenyamanan untuk mengatasi kelelahan, serta membantu mengatasi insomnia.

Cara Melarutkan Garam Epsom yang Benar

Garam epsom dapat dilarutkan dengan air yang banyak, baik di dalam bak berendam (bath tub), ember, atau bak, tergantung apakah Bunda hanya ingin merendam kaki di dalam ember, mandi, atau merendam seluruh tubuh. Garam epsom tersedia di toko obat dengan berbagai harga, merek, dan varian. Sebagai langkah aman, pilih yang mengandung murni garam epsom tanpa campuran minyak atau herba untuk menghindari reaksi alergi atau komplikasi lainnya. Di kemasannya akan tertera petunjuk penggunaan produk terkait seberapa takaran garam epsom untuk per galon air yang direkomendasikan.

Namun secara umum, bila Bunda ingin merendam seluruh tubuh ke dalam larutan garam epsom, campurkan sekitar 1-2 cangkir garam epsom atau sesuaikan dengan rekomendasi dokter ke dalam bak mandi ukuran standar berisi air hangat suam-suam kuku. Pastikan suhu air tidak terlalu panas karena suhu panas dapat berbahaya bagi janin. Nikmati berendam selama 12-15 menit.

Peringatan, Jangan Lakukan Ini!

Ibu hamil tidak boleh memakan, meminum, atau menyuntikkan garam epsom tanpa pengawasan dokter. Hal ini dikarenakan magnesium sulfat sendiri adalah obat berkategori D terhadap kondisi kehamilan, artinya dapat membahayakan janin. Mengonsumsi magnesium sulfat lebih dari 5-7 hari selama kehamilan dapat menyebabkan rendahnya kalsium dan menimbulkan masalah tulang pada janin.

Mandi air garam epsom mungkin tidak akan memicu kemunculan penyakit, tetapi bila Bunda memiliki masalah kesehatan tertentu, ada baiknya untuk menanyakan kepada dokter terlebih dahulu apakah aman untuk berendam di dalam larutan garam epsom, serta seberapa lama dan seberapa sering harus berendam.