Ini Pertolongan Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

Orang tua mana yang tidak khawatir melihat sang bayi jatuh dari tempat tidur? Memiliki tulang kepala yang masih sangat lembek, tentu membuat bayi Anda riskan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Hal itu kerap membuat para orang tua cemas saat buah hatinya terjatuh.

Bayi yang mulai aktif bergerak membuat Anda menjadi kewalahan. Tak sedikit dari orang tua lengah mengawasi buah hatinya dan akhirnya bayi terjatuh. Hal itu membuat sang bayi kerap mengalami berbagai masalah seperti adanya memar di kepala, keseleo, dan hal lainnya yang disebabkan karena terjatuh.

baby fell from bed

Pertolongan untuk Bayi Anda

Berbagai pertanyaan muncul di kepala Anda tentang seberapa besar efek benturan terhadap bayi akibat jatuh dari tempat tidur. Apakah harus segera dilarikan ke rumah sakit atau tidak. Meski jatuh dari tempat tidur merupakan hal yang berbahaya, namun orangtua harus tetap tenang ya.

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan jika Si Kecil jatuh dari tempat tidur:

  • Hal terpenting adalah mengetahui kapan Anda membutuhkan penanganan dokter segera dalam kondisi ini. Bila setelah jatuh Si kecil menangis namun tetap dalam kondisi sadar, Anda bisa lebih tenang.
  • Jika setelah jatuh tidak ditemukan luka maupun memar, berusahalah untuk menghibur bayi Anda. Peristiwa jatuh tersebut tentu membuatnya merasa takut dan kaget. Sembari menghibur dan bercanda dengan bayi Anda, periksalah kembali kepala Si Kecil untuk memastikan bahwa dia tidak mengalami luka.
  • Jika bayi jatuh dari tempat tidur atau dari mana pun, dan terdapat luka atau goresan, maka hal yang dapat dilakukan adalah segera mengobati luka tersebut. Cuci dahulu tangan Anda dengan menggunakan sabun dan air hangat. Lanjutkan dengan membasuh darah dan kotoran pada luka sang bayi. Gunakan kasa kering steril dan tepuk lembut pada bagian luka untuk menekan pendarahan yang terjadi. Jika pendarahan tidak berhenti juga, tekan kasa tersebut agak kuat selama lima menit. Oleskan salep antibakteri, seperti Neosporin atau Bacitracin untuk mencegah infeksi. Jangan lupa untuk mengganti perban setiap hari agar luka tetap kering dan membantu luka cepat sembuh.
  • Jika luka itu membuat kepala atau bagian tubuh lainnya mengalami pembengkakan atau benjol, maka Anda bisa mengompres bagian yang benjol dengan menggunakan es yang dibungkus dengan kain.
  • Jika setelah jatuh bayi Anda tidak sadar atau tidak bisa terbangun (bergerak), maka jangan pindahkan posisi bayi Anda kecuali jika bayi dalam kondisi berbahaya. Terlepas dari hal itu, bayi yang tidak sadarkan diri sangatlah memerlukan penanganan medis segera, karena keadaan tersebut merupakan keadaan darurat. Segera hubungi dokter atau rumah sakit jika bayi Anda tidak sadarkan diri dan terjadi perdarahan.
  • Jika muntah atau kejang terjadi setelah bayi jatuh dari tempat tidur, miringkan tubuh mereka dan pastikan leher bayi Anda dalam keadaan tetap lurus (gunakan penyangga leher). Dan segera hubungi layanan kesehatan secepatnya.
Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

Setiap orang tua tentu mengetahui bahwa menjaga bayi merupakan persoalan yang sulit, terlebih untuk melindungi bayi dari cedera akibat terjatuh. Berikut ada beberapa cara untuk mencegah Si Kecil jatuh dari tempat tidur:

  • Jangan meninggalkan bayi tanpa pengawasan orang dewasa. Perhatikan mebel dan peralatan bayi Anda, apakah berbahaya atau tidak.
  • Saat Anda tengah mengendong bayi, perhatikan juga posisi kaki Anda. Bayi bisa terjatuh saat Anda gendong, misalnya saat Anda tidak sengaja menginjak mainannya dan terjatuh. Hal itu juga bisa melukai bayi.
  • Usahakan untuk menggunakan tempat tidur khusus bayi. Selain berisiko untuk jatuh, menggunakan tempat tidur dewasa bisa membuat bayi terperangkap di antara tempat tidur dan dinding atau tempat tidur dengan objek lainnya. Tempat tidur orang dewasa sering tidak memenuhi kriteria pas untuk tidur yang aman, seperti kasur terlalu ketat. Pastikan untuk tetap menjaga bayi Anda agar tidak terjatuh dari tempat tidur. Pilihlah kasur yang aman dan nyaman untuk bayi Anda. Dan jauhkan mainan dari kasur bayi Anda.
Sebagai orang tua, keamanan bayi merupakan prioritas Anda. Jangan biarkan bayi jatuh dari tempat tidur atas kelalaian Anda. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada kesehatan bayi Anda, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.