Lima Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Mengetahui masa subur wanita sangatlah penting, terutama bagi Anda yang ingin cepat memiliki momongan. Namun sebaliknya, mengetahui hal ini juga bisa dijadikan ‘taktik’ untuk menghindari kehamilan. Lantas, bagaimana cara mengetahui masa subur wanita?

Ada lima cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kapan masa subur tersebut. Empat di antaranya tidak memerlukan apa-apa, sementara satu lagi menggunakan bantuan alat.

lima cara mengetahui masa subur wanita - alodokter

Berikut ini lima cara mengetahui masa subur wanita.

Metode Kalender

Untuk mengecek masa subur wanita memakai metode ini, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencari tahu kira-kira kapan Anda mendapat menstruasi pada bulan berikutnya.

Setelah mendapatkan perkiraan tanggal, hitung mundur sebanyak 12 hari lalu ditambah hitungan mundur sebanyak 4 hari. Anda dikatakan sangat subur dan kemungkinan akan berovulasi selama rentang lima hari ini.

Atau cara mudahnya, jika Anda memiliki siklus menstruasi 28 hari, maka Anda mungkin akan berovulasi pada hari ke-14. Pada siklus menstruasi 28 hari, hari ke-1 merupakan hari dimulainya menstruasi dan hari ke-28 merupakan hari terakhir sebelum hari pertama menstruasi selanjutnya.

Namun metode kalender ini tidak cocok bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.

Ukur Suhu Basal Tubuh

Suhu basal tubuh merupakan temperatur saat tubuh dalam kondisi istirahat. Namun, ketika masa subur atau saat ovarium melepas sel telur (ovulasi), suhu tubuh mungkin akan mengalami sedikit peningkatan. Ketika ovulasi, suhu mungkin akan meningkat kurang dari 0,3 derajat Celcius.

Tubuh dikatakan telah berovulasi jika selama tiga hari atau lebih suhu tetap stabil di angka tersebut. Anda akan ada dalam kondisi sangat subur pada 2-3 hari sebelum suhu basal tubuh naik.

Cara terbaik mengukur suhu basal tubuh adalah setelah bangun tidur di pagi hari, yaitu sebelum Anda beranjak dari kasur. Ukurlah menggunakan termometer yang diproduksi khusus untuk mengukur suhu basal tubuh agar hasil lebih akurat.

Lakukan hal ini tiap pagi dan catat hasilnya agar anda dapat melihat pola dan memprediksi masa subur anda. Namun, jangan mengukur suhu basal tubuh ketika Anda sedang sakit karena kemungkinan hasilnya tidak akurat.

Cek Lendir Serviks

Sebelum ovulasi, vagina akan mengeluarkan lebih banyak lendir dari biasanya. Lendir yang menandakan bahwa tubuh Anda dalam kondisi sangat subur memiliki ciri-ciri berwarna bening seperti putih telur, encer dan keluar dengan jumlah yang sangat banyak.

Untuk memakai metode ini, Anda bisa mulai memerhatikan dan mencatat kondisi lendir yang keluar dari organ intim Anda sejak sehari setelah menstruasi berakhir. Pada masa ini, hindari membersihkan vagina dengan sabun pembersih khusus organ kewanitaan karena bisa menghilangkan lendir dari vagina Anda sehigga susah diperiksa.

Kram Perut

Bagi sebagian wanita, masa subur ditandai dengan timbulnya kram ringan pada perut. Namun cara ini tidak dianjurkan karena keakuratannya yang rendah. Kram perut bisa saja disebabkan gangguan kesehatan lain dan tidak berhubungan dengan masa subur.

Menggunakan Alat Prediksi Ovulasi

Untuk hasil yang lebih akurat, Anda bisa mengetahui masa subur memakai alat prediksi ovulasi. Alat ini bisa mengecek apakah Anda sedang subur atau tidak dengan menganalisis urin Anda. Anda bisa mendapatkan alat ini di apotek terdekat, tanpa harus memiliki resep dokter.

Bagi Anda yang berencana memiliki anak, masa subur ini bisa dijadikan waktu yang tepat untuk berhubungan seksual. Namun sebaliknya, hindari hubungan seksual di masa-masa tersebut jika Anda belum berencana untuk hamil atau sedang melakukan metode KB alami.

Jika masih belum paham bagaimana cara mengetahui masa subur wanita, Anda bisa mengonsultasikannya ke dokter.