Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Selain dapat melepaskan dahaga, air kelapa juga menyehatkan. Itu sebabnya banyak yang menyarankan air kelapa untuk ibu hamil.

Saat ini banyak minuman kemasan yang mendompleng manfaat air kelapa. Bahkan, banyak yang mengklaim sebagai minuman hidrasi super. Jika Anda sedang hamil dan ingin mengonsumsi air kelapa, pastikan Anda meminum air kelapa asli, bukan air yang memiliki rasa kelapa.

manfaat air kelapa untuk ibu hamil - alodokter

Mari telaah kaitan antara air kelapa dan ibu hamil di bawah ini.

Kenapa Bermanfaat untuk Ibu Hamil?

Selama menjalani masa kehamilan, ibu hamil bisa mengonsumsi air kelapa karena memiliki sejumlah manfaat bagi ibu dan janin. Manfaat tersebut antara lain:

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Air kelapa mengandung asam laurat yang merupakan antiviral, antibakteri, dan antijamur. Asam laurat akan membantu sistem pertahanan tubuh misalnya membantu melawan virus penyebab herpes dan flu. Pasokan asam laurat juga sangat berguna jika menyusui kelak. Zat ini akan membuat bayi yang baru lahir lebih kuat menghadapi penyakit dan infeksi.

  • Membantu mengurangi kelelahan

Kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik dalam mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Garam alami pada tubuh dapat digantikan dengan air kelapa karena mengandung garam alami seperti sodium, potasium, dan klorida.

  • Mencegah infeksi saluran kencing

Keluhan yang cukup sering dialami ibu hamil adalah infeksi saluran kencing karena adanya perubahan hormon dan perkembangan rahim yang menekan kantung kemih. Air kelapa adalah diuretik alami yang akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kencing. Beberapa wanita terbantu dalam mencegah infeksi saluran kemih dengan mengonsumsi air kepala.

  • Melancarkan sirkulasi darah

Air kelapa untuk ibu hamil juga berguna untuk mengurangi pegal dan nyeri yang diakibatkan tidak optimalnya sistem sirkulasi darah. Jika sistem sirkulasi darah tidak optimal, maka janin berisiko tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Potasium dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh dari jantung. Potasium juga membantu otot untuk bergerak, syaraf untuk bekerja, dan membantu ginjal menyaring darah.

  • Mengatasi konstipasi

Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh juga mencegah seseorang mengalami susah buang air besar atau konstipasi. Air kelapa untuk ibu hamil selain mencegah dehidrasi juga dapat mencegah konstipasi.

Ingat-ingat Hal Ini Saat Mengonsumsi Air Kelapa

Air kelapa untuk ibu hamil memang memiliki sejumlah manfaat, namun perhatikan beberapa hal berikut jika hendak mengonsumsinya:

  • Jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik. Meski enak dan mengandung banyak manfaat, jangan sampai air kelapa menggantikan posisi air putih. Tetap saja air putih adalah minuman utama.
  • Pastikan air kelapa yang diminum berasal langsung dari buah kelapa yang muda dan segar. Jika bisa, pastikan pemotongan kelapa dilakukan di depan Anda.
  • Upayakan untuk mengonsumsi air kelapa segera setelah dipotong agar lebih segar dan nutrisi di dalamnya masih utuh.
  • Hentikan mengonsumsi air kelapa jika  ibu hamil tidak menyukai rasanya atau malah membuatnya tidak nyaman.

Menimbang banyaknya manfaat air kelapa untuk ibu hamil, tidak ada salahnya jika Anda mengganti kopi dan minuman ringan dengan air kelapa saat menjalani masa kehamilan.