Memahami Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Waktu tumbuh gigi pertama yang umum bagi bayi adalah pada usia 6 bulan. Apa yang menyebabkan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi? Simak penjelasannya berikut ini.

Perkembangan gigi pada bayi dan anak-anak adalah sesuatu yang sifatnya diturunkan sehingga bisa berbeda-beda pada setiap anak. Jika gigi orang tua tumbuh lebih awal di waktu bayi, maka ada kemungkinan gigi bayi juga tumbuh lebih cepat dari yang dialami oleh bayi lain. Jika Anda memiliki bayi 9 bulan belum tumbuh gigi, kondisi ini masih tergolong normal dan bukan berarti adanya gangguan pada perkembangan anak.

9 months old baby with no teeth - alodokter

Gigi pertama bayi umumnya tumbuh pada rentang usia 5-10 bulan. Namun. Pertumbuhan gigi bayi akan lengkap ketika usianya mencapai 2-3 tahun dan akan secara bertahap digantikan oleh gigi dewasa atau gigi tetap hingga anak mencapai usia 12 tahun.

Jika gigi pertama bayi tidak kunjung tumbuh hingga ia mencapai usia 18 bulan, temui dokter agar dilakukan pemeriksaan pada rongga mulutnya.

Menjaga Kebersihan Gusi Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Tidak ada salahnya memulai kebiasaan menjaga kebersihan rongga mulut Si Kecil walau gigi pertamanya belum tumbuh. Selain memulai transisi menuju kebiasaan sikat gigi, kegiatan membersihkan gusi juga bisa mengantisipasi serangan bakteri jika gigi anak mulai tumbuh ke luar dari gusi.

Anda bisa membersihkan gusi Si Kecil di waktu mandi. Lakukanlah dengan menggunakan kain basah untuk membungkus jari telunjuk lalu menggosok gusi secara perlahan dan lembut.

Melalui kebiasaan ini, Anda juga menjadi semakin mudah mengenali jika ada perubahan pada rongga mulut anak, atau jika gigi mulai terlihat dari balik gusi. Walau biasanya gigi bayi muncul tanpa adanya gejala yang mendahului, namun ada juga bayi yang mengalami gejala yang membuatnya tidak nyaman.

Gejala yang biasanya muncul menjelang kemunculan gigi pertama, antara lain:

  • Salah satu sisi pipi dan gusi di mana lokasi gigi akan tumbuh berwarna kemerahan dan muncul ruam atau bengkak
  • Bayi menjadi lebih sering mengeluarkan liur
  • Sering menggosok-gosok gusi.
  • Menggosok-gosok telinga
  • Rewel
  • Menolak makan atau tidur

Anda bisa meredakan gejala ini dengan memberikan kain basah untuk dikunyah bayi atau membawanya ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sekaligus melakukan pemeriksaan gigi pertamanya.

Pemeriksaan gigi pertama baik pada bayi yang belum tumbuh gigi maupun yang sudah, dianjurkan untuk tetap dilakukan ketika bayi genap berusia 1 tahun.