Ciri-ciri bayi tumbuh gigi bisa berbeda antara satu bayi dengan bayi lainnya. Nah, dengan mengenali ciri-cirinya, Bunda tidak perlu cemas atau bingung saat menghadapi Si Kecil yang rewel akibat sedang tumbuh gigi.

Gigi pertama bayi umumnya akan tumbuh saat memasuki usia 4–6 bulan. Gigi pertama yang muncul biasanya adalah dua gigi depan atau gigi seri di gusi bagian bawah.Seperti Ini Ciri-ciri Bayi Tumbuh Gigi - AlodokterKetika sedang tumbuh gigi, bayi sering kali merasa tidak nyaman, terutama di bagian gusinya. Rasa tidak nyaman tersebut bisa terjadi selama beberapa hari hingga beberapa bulan akibat gigi yang tumbuh secara bersamaan.

Mengenali Ciri Bayi Tumbuh Gigi dengan Mudah

Agar tidak bingung apakah Si Kecil rewel akibat tumbuh gigi atau karena penyebab lain, berikut ini adalah ciri-ciri bayi tumbuh gigi yang perlu Bunda ketahui:

1. Gusi bengkak

Untuk mencari tahu apakah Si Kecil memang sedang mengalami tumbuh gigi, cobalah membuka mulutnya secara perlahan. Bayi yang sedang tumbuh gigi umumnya mengalami gusi bengkak dan kemerahan.

Terkadang, Bunda juga dapat melihat adanya gigi yang muncul secara samar di dalam gusi Si Kecil yang sedang meradang tersebut.

2. Gusi gatal Menggigit dan mengisap barang di sekitarnya

Saat tumbuh gigi, Si Kecil akan merasa gusinya terasa gatal. Sebagai respons dari rasa gatal tersebut, ia akan menggigit benda yang ada di sekitarnya, baik mainan atau pakaiannya.

3. Banyak mengeluarkan air liur

Hingga saat ini, belum diketahui mengapa tumbuh gigi bisa menyebabkan produksi air liur berlebih pada bayi. Namun, kondisi ini diduga terjadi karena adanya peningkatan gerak otot di mulut bayi selama proses tumbuh gigi sehingga memicu kinerja kelenjar ludah menjadi lebih aktif yang berdampak pada meningkatnya produksi air liur.

4. Ruam di sekitar mulut

Sebagian bayi dapat mengalami ruam di sekitar mulut saat giginya tumbuh. Hal ini terjadi karena produksi air liur berlebih bisa menyebabkan ruam di area sekitar mulut, dagu, atau leher.

Jika Bunda melihat air liur sudah membasahi area di sekitar mulut Si Kecil, segera bersihkan dengan lap atau tisu bersih untuk mencegah munculnya ruam.

5. Tidak nafsu makan

Ciri-ciri bayi tumbuh gigi lainnya adalah mengalami penurunan nafsu makan. Pada sebagian bayi, kondisi ini bahkan membuat bayi menolak untuk makan dan minum sama sekali. Ini biasanya dipicu oleh peradangan gusi yang umumnya terjadi saat gigi tumbuh.

6. Rewel pada malam hari

Bayi yang sedang tumbuh gigi cenderung menjadi lebih rewel atau sulit tidur di malam hari. Ini karena rasa nyeri yang ditimbulkan pada gusi.

7. Demam

Selain hilangnya nafsu makan, peradangan gusi yang terjadi saat gigi mulai tumbuh bisa membuat bayi demam. Namun, Bunda dianjurkan untuk segera membawa Si Kecil ke dokter, terlebih jika suhu tubuhnya lebih dari 38o C atau demam berlangsung lebih dari 2 hari.

Cara Menenangkan Bayi yang sedang Tumbuh Gigi

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat tumbuh gigi pada bayi, Bunda bisa melakukan berbagai macam hal sederhana di rumah, seperti:

Menggosok gusi secara perlahan

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat peradangan gusi yang dialami Si Kecil, Bunda bisa menggosok gusinya secara perlahan dengan jari atau kain bersih berbahan lembut.

Memberikan teether

Bunda bisa memberikan teether atau mainan khusus yang dapat digigit Si Kecil guna mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman pada gusi akibat gigi tumbuh. Namun, sebelum memberikannya ke Si Kecil, Bunda dianjurkan untuk mendinginkan teether terlebih dahulu di dalam kulkas selama beberapa saat.

Memberikan makanan dingin

Bila Si Kecil telah berusia 6 bulan ke atas, Bunda dapat memberikan potongan melon atau makanan lain yang telah didinginkan. Ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang dialami Si Kecil akibat tumbuh gigi. Jangan lupa untuk tetap mengawasi Si Kecil dengan baik agar ia tidak tersedak.

Dengan mengenali ciri-ciri bayi tumbuh gigi, Bunda dapat mengetahui cara tepat untuk menyikapi respons Si Kecil. Bunda juga tidak perlu khawatir bila pertumbuhan gigi Si Kecil agak lambat.

Selama pertumbuhan tulang, kulit, dan rambutnya berjalan normal, sebenarnya tidak ada yang perlu Bunda risaukan. Namun, sebaiknya konsultasikan ke dokter bila hingga usia 18 bulan, ciri-ciri bayi tumbuh gigi tak tampak pada Si Kecil atau bahkan tak kunjung tumbuh gigi.