Ketika disodorkan makanan oleh Bunda, Si Kecil tiba-tiba menutup mulut dan menolaknya. Padahal, biasanya ia selalu bersemangat saat waktu makan telah tiba. Daripada menerka-nerka apa penyebab bayi malas makan, mari cari tahu alasannya di sini.

Persoalan bayi susah dan malas makan kerap dialami oleh banyak orang tua. Bila penyebabnya tidak segera ditangani, lama-kelamaan bayi bisa saja kekurangan nutrisi dan mengalami gagal tumbuh. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mencari tahu alasan Si Kecil malas makan.

Bunda, Yuk, Ketahui Penyebab Bayi Malas Makan - Alodokter

Penyebab Umum Bayi Malas Makan

Berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya menyebabkan bayi menjadi enggan untuk makan:

1. Sedang tidak sehat

Saat Si Kecil malas makan, mungkin saja ia sedang tidak dalam kondisi yang sehat. Beberapa kondisi seperti batuk, pilek, sariawan, dan sembelit, bisa menurunkan nafsu makan bayi, sehingga ia enggan untuk makan walaupun makanan tersebut adalah kesukaannya.

2. Tumbuh gigi

Masa-masa mulai makan makanan padat juga merupakan masa-masanya bayi mulai tumbuh gigi. Nah, rasa tidak nyaman dari gusinya yang bengkak dan sakit ini bisa membuat Si Kecil malas makan.

Selain tidak mau makan, Si Kecil juga menjadi lebih sensitif dan rewel. Tapi, Bunda tenang saja, setelah giginya tumbuh dan rasa nyeri sudah menghilang, nafsu makan Si Kecil akan kembali lagi, kok. Bunda juga bisa meredakan keluhan tumbuh gigi Si Kecil dengan memijat lembut gusinya yang bengkak, agar ia mau makan.

3. Tidak lapar

Malas makan juga bisa menjadi tanda bahwa Si Kecil tidak sedang lapar. Bila Bunda memberikannya banyak camilan dan juga susu beberapa saat sebelum waktu makan tiba, bisa saja ia masih merasa kenyang sehingga malas untuk makan.

Oleh karena itu, Bunda dianjurkan untuk tidak memberikan Si Kecil camilan paling tidak 1 jam sebelum waktu makannya. Dengan begitu, rasa laparnya akan datang ketika waktu makan tiba dan Si Kecil pun akan dengan lahap memakan makanan yang Bunda berikan.

4. Bosan dengan menu makanan

Pemberian menu makanan yang sama berulang kali bisa membuat Si Kecil bosan, lho, Bun. Nah, bila memang akhir-akhir ini menu yang diberikan cuma yang itu-itu saja, Bunda bisa coba mengganti menu dengan resep atau bahan makanan baru yang belum pernah ia coba.

Sebelum diberikan kepada Si Kecil, perhatikan pula suhu dan rasa makanan. Pastikan suhu makanan tidak terlalu panas atau dingin dan rasa makanan tidak terlalu pahit, agar Si Kecil tidak menolak makanan yang Bunda berikan.

Malas makan bisa dialami bayi kapan saja. Bila Si Kecil mengalami kondisi ini, bersabarlah dan jangan mudah menyerah, ya, Bun. Selain itu, penting agar Bunda tidak memaksanya makan, karena itu bisa membuatnya trauma.

Namun, bila Si Kecil terus-menerus menolak makanan yang Bunda berikan, ada baiknya untuk segera memeriksakan ia ke dokter, ya, Bun. Jangan sampai malas makan ini menyebabkan berat badan Si Kecil turun atau kekurangan gizi.