Sebagian ibu percaya bahwa menggunakan kalung teether saat bayi tumbuh gigi bisa meredakan rasa sakit yang dialaminya dan membuatnya tidak mudah rewel. Lantas, apakah penggunaan kalung teether ini aman untuk bayi?

Umumnya, gigi pertama bayi akan mulai tumbuh pada usia 6–12 bulan. Saat tumbuh gigi, bayi kerap merasakan sakit dan bengkak pada giginya. Jadi, jangan kaget bila Bunda dibuat pusing oleh tingkah Si Kecil, ya––mulai dari sering berliur, susah tidur, mudah menangis, kerap menggigiti benda yang digenggamnya, hingga menolak makan.

Amankah Memberikan Kalung Teether kepada Bayi? - Alodokter

Ulah Si Kecil mungkin membuat Bunda ingin melakukan apa saja untuk meringankan rasa sakitnya, dan cukup banyak ibu yang memilih untuk memberikan bayi mereka kalung teether. Kalung yang terbuat dari batu amber, pualam, kayu, atau silikon ini dikatakan dapat meringankan keluhan sakit tumbuh gigi pada anak. Benarkah demikian?

Apakah Penggunaan Kalung Teether Aman untuk bayi?

Jawabannya tidak, ya, Bun. Meski terbuat dari manik-manik yang menggemaskan dan terlihat lucu pada bayi, kalung teether justru bisa membahayakan bayi. Selain itu, belum ada hasil penelitian yang membuktikan bahwa kalung ini ampuh untuk meredakan nyeri tumbuh gigi pada bayi.

Bahaya yang bisa terjadi jika memakaikan kalung ini cukupmengerikan. Jika tali kalung putus tanpa Bunda ketahui, Si Kecil yang belum mengerti apa-apa bisa saja memasukkan manik-manik dari kalung teether kemulutnya dan tersedak.

Kalung teether juga bisa saja mencekik Si Kecil jika tersangkut pada boks bayi atau saat Si Kecil tidur. Alih-alih meredakan nyeri ketika bayi tumbuh gigi, kalung teether justru bisa menghilangkan nyawa bayi. Selain itu, manik-manik pada kalung ini juga berisiko membuat mulut atau gusi bayi cedera.

Pemakaian kalung teether sangat tidak disarankan. Namun, jika Bunda masih ingin Si Kecil menggunakan kalung ini, pastikan Bunda selalu mengawasinya dengan ketat selama ia memakai kalung. Lepas kalung dari leher Si Kecil saat ia tidur atau saat Bunda sedang tidak mengawasinya, meskipun hanya sebentar.

Tips Meredakan Nyeri ketikaSi Kecil Tumbuh Gigi

Ada beberapa hal lain yang bisa Bunda lakukan untuk meredakan rasa nyeri ketika Si Kecil tumbuh gigi, yaitu:

  • Pijat gusi Si Kecil dengan lembut.
  • Berikan Si Kecil mainan khusus yang aman untuk digigit.
  • Berikan camilan dingin,seperti finger food yang sudah didinginkan.
  • Tetap susui atau beriSi Kecil susu formula sebanyak yang ia mau.

Memijat gusi dan memberikannya camilan dingin dapat mengurangi bengkak pada gusi saat gigi bayi tumbuh. Selain lebih aman, cara ini justru lebih ampuh daripada memberikan kalung teetherlho, Bun.

Bila Si Kecil masih juga rewel dan tampak kesakitan meski Bunda sudah menerapkan cara mengatasi keluhan bayi tumbuh gigi di atas,sebaiknya Bunda berkonsultasi ke dokter agar dapat diberikan obat pereda nyeri yang aman untuk bayi.