Menjadikan Kursi Roda sebagai Sahabat Baru yang Bermanfaat

Kursi roda merupakan pilihan terbaik agar dapat hidup lebih mandiri bagi mereka yang mengalami hambatan pada kemampuan mobilitas secara jangka panjang. Demi bisa menunjang aktivitas pemakainya secara maksimal, usahakan untuk memilih jenis kursi roda yang benar-benar sesuai dengan kondisi yang disandang.

Untuk meyakinkan diri apakah membutuhkan kursi roda atau tidak, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Biasanya, dokter akan merekomendasikan alat bantu ini kepada mereka yang mengalami cacat sementara atau permanen.

menjadikan kursi roda sebagai sahabat baru yang bermanfaat - alodokter

Beberapa gangguan kesehatan yang bisa diatasi dengan penggunaan kursi roda, antara lain:

  • Mengalami patah tulang atau cedera pada anggota tubuh bagian bawah sehingga mengalami kelumpuhan
  • Mengalami gangguan saraf
  • Mengalami gangguan keseimbangan atau cara berjalan, termasuk tidak sanggup berjalan dalam jarak yang jauh
  • Mengalami permasalahan pada otot dan tulang

Untuk menentukan kursi roda yang tepat, pemakai harus mempertimbangkan kondisi diri sendiri dan lingkungan di sekitar tempat tinggal. Secara garis besar, beberapa hal di bawah ini sebaiknya dijadikan pedoman sebelum memilih kursi roda:

  • Pertimbangkan intensitas pemakaian kursi roda, apakah untuk digunakan secara permanen atau hanya sesekali.
  • Perhatikan medan yang hendak dilalui, apakah untuk keperluan dalam ruangan atau di luar ruangan.
  • Apakah termasuk untuk keluar dan masuk kendaraan atau tidak.
  • Apakah untuk digunakan dengan tenaga sendiri, didorong orang lain, atau memakai tenaga listrik.

Jika sudah menentukan pilihan mana yang sesuai, masih ada beberapa hal tambahan yang perlu diperhatikan oleh pemakai kursi roda dan orang-orang yang tinggal bersama. Hal pertama adalah perhatikan kemampuan fisik pemakai, bagaimana peralatan tersebut akan digunakan, dan rasionalisasi pemakaian, termasuk apakah ada sumber listrik untuk mengecas kursi roda listrik atau gampang untuk disimpan.

Bisakah Tetap Fit Saat Memakai Kursi Roda?

Mereka yang menggunakan kursi roda dalam kesehariannya bukan berarti tidak bisa memiliki kebugaran fisik atau berolahraga. Pemakai kursi roda tetap bisa memperoleh fisik yang bugar dengan melakukan latihan yang memang sesuai dengan kondisi tubuh. Beberapa tips di bawah mungkin dapat membantu pemakai kursi roda sebelum melakukan olahraga.

  • Pilih aktivitas yang sesuai kemampuan

Bagi pemakai kursi roda yang berniat melakukan olahraga, sesuaikanlah dengan kemampuan yang dimiliki. Banyak olahraga yang bisa dilakukan, seperti berenang atau sprint dengan memakai kursi roda. Beberapa pilihan latihan fisik lainnya yang bisa dilakukan meski tetap memakai kursi roda adalah basket dan tenis.

  • Pilih latihan di pusat kebugaran

Bagi yang ingin latihan di tempat yang lebih khusus, pusat kebugaran bisa menjadi pilihan yang cocok. Pendekatan ini mungkin lebih berhasil bagi para pemakai kursi roda yang ingin berolahraga secara individual. Di pusat kebugaran, pilihan peralatan lebih mudah didapatkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pribadi.

  • Perhatikan kekuatan otot

Gerakan seperti mendorong kursi roda bisa memberikan tekanan tertentu pada otot tubuh bagian atas. Agar tekanan tersebut tidak menimbulkan masalah atau cedera, maka melatih kekuatan otot-otot tubuh bagian atas bisa dilakukan. Fokus melatih otot-otot yang mendukung gerakan menarik selain membantu mencegah cedera juga berperan dalam memperkuat otot punggung.

  • Memperluas pergaulan

Latihan fisik rutin memiliki manfaat untuk meredakan stres. Hal ini memungkinkan mengingat aktivitas olahraga mampu mengeluarkan bahan kimia yang disebut endorfin. Keuntungan lain dari berolahraga adalah makin mudah bertemu orang baru dan memperluas pergaulan sosial pemakai kursi roda. Dengan kata lain, efek positif yang bisa didapat aktivitas olahraga selain kebugaran fisik juga kesehatan psikologis.

Keterbatasan kemampuan mobilitas tidak sewajarnya turut membatasi keinginan seseorang untuk bisa menjalani aktivitas fisik. Demikian pula hanya karena terpaksa duduk di kursi roda, tidak serta merta kehidupan sehari-hari telah berakhir. Justru dari itu, mulailah pertimbangkan untuk membiasakan diri rajin berolahraga. Selain menjaga tubuh bugar, pikiran pun menjadi segar dan terhindar dari stres.