Miliki Rumah Sehat yang Aman dan Bebas Kuman

Menjaga kesehatan Anda dan keluarga harus dimulai dari dalam. Salah satunya dengan menciptakan rumah sehat. Pasalnya, rumah yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko beragam penyakit dan cedera yang mungkin terjadi. Kenalilah ciri-ciri rumah sehat dan cara memilikinya, agar kesehatan keluarga Anda terjaga.

Rumah sehat tidak hanya bersih, tapi juga dapat menjadi lingkungan yang aman bagi perkembangan anak dengan memerhatikan penataan dan desainnya. Sirkulasi udara juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan agar terhindar dari risiko penularan penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan pernapasan seperti asma.  

miliki rumah sehat aman dan bebas kuman - alodokter

Sayangi keluarga Anda dan miliki rumah sehat dengan memerhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Perhatikan Ventilasi Rumah Anda Guna mendapatkan rumah yang sehat Anda perlu memerhatikan sirkulasi udara di dalam rumah Anda. Jangan biarkan rumah Anda dalam keadaan lembap dengan tidak memiliki ventilasi yang cukup atau bahkan kotor. Ventilasi rumah yang sedikit atau kotor bisa menyebabkan keluarga Anda mudah sakit. Tidak hanya penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, jika seseorang terpapar polusi udara di dalam ruangan dalam jangka waktu panjang, maka risiko penyakit seperti kanker dan jantung juga dapat meningkat. Jadi, pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang cukup sehingga tidak lembap, dengan begini udara tidak mengendap di dalam rumah dan tidak ada jamur yang tumbuh di dalam rumah.
  • Gunakan Mesin Pembersih Udara Jika Memungkinkan Selain memiliki ventilasi yang cukup, jika memungkinkan Anda juga bisa membeli mesin pembersih udara dalam ruangan. Ini berguna untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah dan menghilangkan polusi udara di dalamnya.
  • Biarkan Matahari Masuk ke Dalam Rumah Matahari yang masuk ke dalam rumah tidak hanya bisa membuat rumah lebih hangat dan terang. Tapi, dengan masuknya matahari juga bisa mengurangi kelembapan di dalam rumah Anda.
  • Hiasai Rumah Anda dengan Tanaman Tanaman hidup tidak hanya bisa mempercantik tampilan dalam rumah Anda, tapi juga dapat menjadi filter udara alami di dalam rumah. Menghiasi rumah Anda dengan tanaman seperti tanaman karet, spider plant, pohon pakis, atau pohon palem juga dapat menyaring bahaya polusi udara yang ditimbulkan furnitur, peralatan elektronik, dan karpet.
  • Rumah Sehat Bebas Debu Debu tidak hanya membuat rumah terlihat kotor, tapi ternyata juga mengandung zat yang bisa berbahaya dan bisa menyebabkan atau memperparah Jika Anda menggunakan karpet di dalam rumah, pastikanlah Anda teratur membersihkannya dari debu. Vakum setidaknya dua kali dalam seminggu dan bersihkan alat vakum Anda setiap selesai menggunakannya. Selain menyapu dan mengepel lantai rumah Anda, pastikan juga Anda tidak absen membersihkan perabotan di rumah (seperti televisi atau furnitur lainnya) dari debu.
  • Hindari Membersihkan Rumah dengan Bahan Berbahaya Membersihkan rumah tentu adalah hal yang sangat penting jika ingin mendapatkan rumah sehat bebas kuman. Tapi, yang sebaiknya juga tidak luput dari perhatian Anda adalah bahan atau zat yang Anda gunakan untuk membersihkan rumah. Hindari cairan pembersih yang mengandung amonia, karena bahan ini bisa membahayakan anak yang mengidap asma, bahkan bisa membuat paru-paru Anda mengerut. Terdapat bahan lain yang bisa dipakai untuk membersihkan rumah, Anda bisa mencoba baking soda, hidrogen peroksida, atau cuka.rumah, kebersihan
Anda mungkin dapat merasakan jika rumah Anda termasuk ke dalam kategori rumah yang tidak sehat. Misalnya Anda merasa udara begitu lembap, menjadi lebih mudah sakit, merasa rumah terasa pengap, dan merasa lebih segar jika berada di luar rumah. Jika Anda merasa demikian, cobalah untuk segera mengatasinya dengan beberapa cara di atas.

Ingat, memiliki tubuh yang sehat tidak hanya dimulai dari makanan sehat, tapi juga dengan memelihara lingkungan Anda. Salah satunya adalah memiliki rumah sehat yang tetap nyaman untuk ditinggali.